Responsive Ads Here

Wednesday, February 18, 2015

Pramuka Kota Bandung

Pramuka Kota Bandung


Saresehan Geologi Populer : Gunung Api Purba Dan Manfaatnya

Posted: 16 Feb 2015 11:45 PM PST

Caption: Ahli Gunung Api Purba Badan Geologi,  Prof.Dr.Ir.Sutikno Bronto menjelaskan kepada para peserta mengenai manfaat Gunung Api Purba dalam acara Saresehan Geologi Populer di Auditorium Geologi Lt.I, Badan Geologi, Jalan Diponegoro Bandung, Senin (16/2/2015).

Ditinjau dari segi pendayagunaannya, pembelajaran geologi gunung api purba sangat bermanfaat untuk mendukung penemuan sumber baru energi dan mineral, pengelolaan lingkungan hidup dan penanggulangan bencana geologi." Sebenarnya pembelajaran geologi gunung api yang mendalam dapat membantu menemukan sumber energi dan mineral serta mendukung pengelolaan lingkungan hidup dan kebencanaan geologi," ujar Ahli Gunung Api Purba Badan Geologi, Prof. Dr.Ir. Sutikno Bronto dalam paparannya berjudul "Gunung Api Purba dan manfaatnya" pada acara Saresehan Geologi Populer yang diselenggarakan Badan Geologi di Auditorium Lt.I Badan Geologi, Jalan Diponegoro Bandung, Senin (16/2/2015). Acara yang diikuti pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum ini dihadiri pula T. Bachtiar dari Geomagz. Menurut Sutikno, gunung api purba adalah gunung api yang sekarang telah mati, bahkan sudah terkikis sangat lanjut sehingga penampakan fisik sudah tidak jelas seperti gunung api aktif masa kini."Dengan mempelajari gunung api masa kini dapat menjadi kunci untuk mengidentifikasi gunung api aktif masa lalu, melalui ilmu bentang alam, ilmu batuan, dan ilmu struktur geologi," terang Sutikno yang sempat menyayangkan hingga saat ini masih jarang ahli geologi yang mau mempelajari tentang geologi gunung api.
Selanjutnya Sutikno menunjukkan beberapa gunung api purba yang terdapat di daerah Bandung dan sekitarnya seperti Gunung Sangga Buana, Jatiluhur, Cupunagara, Baleendah, dan Soreang,termasuk daerah lainnya di Indonesia." Secara perinsip gunung api purba dapat aktif kembali jika dipicu oleh gerak tektonik atau dinamika bumi setempat, karena itu dalam rangka  mengantisipasi ancaman bahaya gunung api purba di masa yang akan datang, perlu dilakukan penelitian yang lebih mendalam tentang gunung api, tektonik, dan magma," lanjut Sutikno yang telah menerbitkan buku pertamanya berjudul " Geologi Gunung Api Purba". Usai pemaparan acara dilanjutkan dengan diskusi. (Benny K/ MOTP)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google