Responsive Ads Here

Thursday, February 26, 2015

Adhyaksa Ingin Nasionalkan Scouts Challenge

Adhyaksa Ingin Nasionalkan Scouts Challenge
BIKIN PRAMUKA KEREN: Kakwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault (tiga dari kiri) menyerahkan kenang-kenangan kepada Dirut Jawa Pos Koran Azrul Ananda (dua dari kiri) di kantor Kwarnas Pramuka, Jakarta. (Hendra Eka/Jawa Pos)
JAKARTA – Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengapresiasi PT DBL Indonesia dan Jawa Pos yang telah menggairahkan kembali pramuka lewat ajang East Java Scouts Challenge (EJSC). Adhyaksa pun mendukung dan siap bekerja sama membuat kegiatan serupa secara nasional.
Hal tersebut disampaikan Adhyaksa ketika menerima kunjungan Dirut PT Jawa Pos Koran sekaligus Direktur PT DBL Azrul Ananda di Kantor Kwarnas Gerakan Pramuka, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Rabu (25/2). Adhyaksa mengatakan, gerakan pramuka saat ini tidak boleh dikelola dengan cara-cara tradisional. Sebab, mereka yang mengikuti pramuka merupakan generasi cyber, generasi yang melek teknologi informasi.
”Karena itu, pola pembinaan harus menggunakan pendekatan IT (information technology),” tutur menteri pemuda dan olahraga di era Kabinet Indonesia Bersatu I tersebut. Modul-modul yang mengarah pada pengaplikasian IT kini tengah disiapkan Kwarnas. Salah satu yang sudah berjalan adalah pola pendaftaran anggota pramuka secara online.
Program lainnya yang tengah berjalan adalah pembekalan anggota pramuka menjadi citizen journalism. ”Kami punya program pembekalan pelatihan jurnalistik untuk anggota pramuka,” urai suami drg Mira Arismunandar itu.
Adhyaksa berharap bekal kemampuan jurnalistik tersebut bisa membuat anggota pramuka mudah menyebarluaskan kegiatan yang mereka lakukan. ”Sebab, saat ini eranya banyak bicara, banyak bekerja. Tanpa bicara, apa yang kita kerjakan tidak akan diketahui masyarakat,” jelasnya.
Saat ini ada sekitar 22 juta anggota pramuka aktif di seluruh Indonesia. Jika mereka digerakkan dengan kegiatan-kegiatan positif seperti EJSC, Adhyaksa yakin gerakan pramuka di Indonesia akan kembali bergairah.
Dalam pertemuan itu, Azrul Ananda menjelaskan bahwa kegiatan-kegiatan pramuka sangat positif untuk anak-anak muda. Bagi dia, gerakan pramuka di Indonesia ibarat api dalam sekam. Sehingga perlu sedikit pemantik untuk kembali menggelorakannya.
”Ratusan ribu anak di Jawa Timur mengikuti East Java Scouts Challenge. Kami yakin, jika event ini diselenggarakan secara nasional, akan lebih banyak pramuka yang bergabung,” tuturnya.
EJSC yang diselenggarakan PT DBL Indonesia mampu menunjukkan wajah baru pramuka. Hal itu sejalan dengan harapan Adhyaksa bahwa pramuka harus gaul dan keren. ”Kita sangat mendukung jika Scouts Challenge dibawa ke level nasional. Kita rumuskan secepatnya. Semoga bulan depan bisa kita launching,” ajak Adhyaksa.
Azrul juga siap mendukung gerakan pramuka melalui jaringan Jawa Pos News Network (JPNN) yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan, ada beberapa petinggi koran lokal Jawa Pos Group yang telah menjadi pengurus pramuka daerah. (gun/c9/end)
Sumber:
http://www.jawapos.com/baca/artikel/13532/adhyaksa-ingin-nasionalkan-scouts-challenge

1 comment:

  1. Walikota Tasikmalaya.Drs .H . Budi Budiman,
    menghadiri sekaligus menutup kegiatan Indonesia Scouts Chellenge(ISC).
    di Lapangan Upacara Brigif 13 Galuh dan memberikan tropi kejuaran.Minggu (10/04)

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google