Responsive Ads Here

Thursday, March 6, 2014

Dasa Dharma Pramuka: Arti Dasa Dharma Pramuka

Materi PramukaDasa Dharma Pramuka

Pramuka itu:
1. Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
Menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
Selain sebagai makhluk pribadi, kita juga sebagai makhluk sosial.
Artinya, makhluk yang tidak bisa berdiri sendiri. Kita perlu bantuan orang lain dalam kehidupan sehari-hari.

3. Patriot yang sopan dan ksatria.
patriot yaitu membela tanah air. Kesopanan melambangkan pribadi seseorang di tengah-tengah pergaulan dalam masyarakat.  Kesatria yaitu gagah berani.

4. Patuh dan suka bermusyawarah.
 Dalam situasi dan kegiatan apa pun, anggota Pramuka wajib taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku, dan selayaknya bermusyawarah atau mengambil keputusan dengan bertukar pikiran untuk mencapai mufakat.

5. Rela menolong dan tabah.
Pramuka senantiasa rela menolong tanpa membedakan agama, warna kulit, suku, dan sebagainya, dan harus didasari oleh hati yang ikhlas, tulus, tanpa ingin dipuji.  Dalam setiap perjuangan itu seorang anggota Pramuka harus tabah menghadapi gangguan, tantangan, halangan, dan hambatan.

6. Rajin, terampil, dan gembira.
Anggota Pramuka itu harus rajin melakukan sesuatu yang positif. Kegiatan ketika ia berada dalam pembinaan Pramuka harus menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari. Jangan rajin diwaktu kegiatan pramuka, tetapi harus dibuktikan ketika ia di rumah, di sekolah. Dalam melaksanakan kegiatan itu pun harus dilaksanakan dengan senang dan gembira.

7. Hemat, cermat, dan bersahaja
Hemat yaitu tidak menghambur-hamburkan uang dan tidak boros. Pramuka harus cermat dalam pengeluaran uang, memprioritaskan apa yang harus dibeli atau didahulukan, dan mana yang tidak perlu janganlah dibeli. Meskipun ia kaya, setidaknya jangan sombong dan angkuh bersahaja atau sopan santun dalam bergaul.

8. Disipilin, berani, dan setia
Disiplin yaitu taat dan patuh terhadap peraturan yang berlaku. Anggota Pramuka harus berani karena benar, tetapi takut karena salah. Pramuka harus setia terhadap janji setianya karena itulah nilai-nilai luhur pribadi manusia.

9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
Setiap anggota Pramuka harus bertanggung jawab terhadap apa yang telah ia perbuat, jangan lari dari masalah, maka selesaikan masalah tanpa memunculkan masalah baru. Ia harus konsekuen karena ini adalah modal dari kepercayaan terhadap kita.

10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan 
perbuatan. 
Inilah pribadi manusia yang sejati, bersih pikiran, tidak 
ada iri dan dengki.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google