Responsive Ads Here

Friday, August 10, 2012

PS Vocalista Angels dari Klaten Raih 3 Emas di World Choir Games, Cincinnati AS

wgc2012 di indonesiaproud wordpress com
Vocalista Angels, paduan suara anak-anak dari Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, lewat penampilan mereka yang memukau berhasil meraih 3 medali emas di ajang kejuaraan paduan suara internasional 7th World Choir Games yang diselenggarakan pada 4-14 Juli lalu di Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat.

Vocalista Angels bersaing dengan lebih dari 400 tim paduan suara yang berasal dari 80 negara dan berhasil meraih emas untuk 3 kategori, yakni scenic folklore (folklore dengan koreografi), childrens’s choir, dan show choir.

Sebetulnya, Vocalista Angels hanya menargetkan bisa mempertahankan 2 medali emas untuk kategori scenic folklore dan children’s choir.

“Raihan ini tentu melebihi target kami,” komentar sang pelatih, Yason Christy Pranowo. “Kami memainkan tiga kategori tersebut. Dan ketiga-tiganya kami mendapatkan medali emas,” ujarnya.

Apalagi di samping itu, Vocalista Angels pun menyabet predikat champion of champions karena mendapatkan nilai tertinggi di antara para peraih emas yang lain.

Sebelumnya, Vocalista Angels telah menjuarai berbagai kejuaraan paduan suara tingkat dunia. Salah satunya World Choir Championship di Korea Selatan tahun 2009.

Perjalanan Meraih Emas
Vocalista Angels di indonesiaproud wordpress comPaduan suara anak-anak asal Klaten ini berangkat ke Cincinnati pada 8 Juli 2012. Di sana, mereka harus bersaing dengan ratusan grup paduan suara dari berbagai negara. Vocalista Angels mendapat giliran tampil pada 12 dan 13 Juli 2012 dengan membawakan 12 lagu.

Untuk kategori children’s choir , Vocalista Angels membawakan 4 lagu bebas. Untuk kategori scenic folklore  membawakan 3 lagu tradisional disertai gerakan dan tarian. Sedangkan untuk kategori show choir membawakan 5 lagu pop.

Meski prestasi puncak berhasil diraih, usaha mereka bukan tanpa kendala. Untuk menyiapkan diri menjelang pentas, grup ini kesulitan mencari tempat berlatih. Ketika melihat lahan kosong yang berada tak jauh dari perkantoran, mereka pun antusias untuk bernyanyi. Ternyata suara mereka menggangu orang yang sedang bekerja sehingga mereka harus meninggalkan tempat itu.

Soal makanan, juga menjadi masalah besar bagi grup vokal ini karena makanan di sana umumnya bahannya serba mentah, tanpa bumbu, dan banyak mengandung susu. Khawatir makanan tersebut mempengaruhi suaranya, mereka terpaksa hanya makan roti.

Dari sejumlah grup paduan suara anak-anak dunia, yang menjadi saingan berat mereka adalah grup-grup dari Cina, Amerika Serikat, dan Afrika Selatan.

Meskipun Vocalista Angels berhasil meraih prestasi emas, grup-grup paduan suara dari Indonesia masih harus terus belajar dengan tekun dan keras karena, di peringkat dunia, grup-grup paduan suara Indonesia masih menduduki rangking bawah.

Menurut catatan dari organisasi penyelenggara paduan suara dunia, Interkultur, paduan suara Indonesia baru menduduki peringkat 14 yang diraih oleh Elfa’s Singer. Sementara Vocalista Angels masih berada di peringkat 47.

Sedangkan untuk kategori Children’s and Youth Choir , dari Indonesia peringkat tertinggi dipegang Karangturi Choir dengan peringkat 34. Sedangkan Vocalista Angels berada di peringkat 44.

Untuk kategori Pop, Jazz, dan Gospel , Elfa’s Singer menduduki peringkat 2, disusul The Sparkling Indomaret Vocal Group pada peringkat 15, dan Gema Sangkakala Choir pada peringkat 19.

Untuk kategori Folklore , Vocalista Angels berada di peringkat 5, Perbanas Institute pada peringkat 16, dan Paduan Suara Mahasiswa Universitas Hasanuddin pada peringkat 17.



Sumber:http://indonesiaproud.wordpress.com/2012/08/06/ps-vocalista-angels-dari-klaten-raih-3-emas-di-world-choir-games-ohio-as/

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google