Responsive Ads Here

Saturday, August 11, 2012

Blind Sonar: Tongkat Tunanetra Berteknologi Sonar Buatan Mahasiswa UGM

 sonar blind di indonesiaproud wordpress com
Sekelompok mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, belum lama ini membuat alat bernama Blind Sonar.

Alat yang berbentuk seperti lampu senter ini terlihat sederhana. Namun, bisa sangat berguna bagi para penyandang tunanetra sebagai pengganti tongkat untuk mendeteksi benda atau halangan saat berjalan.

Alat ini bisa mendeteksi benda tanpa harus menyentuhnya. Dengan demikian, risiko terkena atau bertabrakan dengan orang lain atau benda bisa dihindari.

Alat ini dibuat para mahasiswa dengan mengadopsi prinsip kerja kelelawar saat terbang dalam kegelapan malam, yaitu menggunakan suara.

Saat salah satu tombol diaktifkan akan keluar suara yang memantul jika terkena benda atau halangan. Pantulan suara akan mengaktifikan fungsi getaran pada alat ini, sehingga penyandang tunanetra bisa mengetahui adanya halangan di depannya.

Sayangnya, alat yang masih dalam bentuk prototipe ini dibuat dengan biaya yang masih mahal, yakni sekitar Rp 1,5 juta. Kendati demikian, Indra Darmawan Budi, mahasiswa penemu alat ini, berjanji akan menyederhanakan alat tersebut sehingga harganya bisa lebih terjangkau para penyandang tunanetra.


Sumber: http://indonesiaproud.wordpress.com/2012/08/09/blind-sonar-tongkat-tunanetra-berteknologi-sonar-buatan-mahasiswa-ugm/

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google