Responsive Ads Here

Monday, July 30, 2012

PRAMUKA JATIM SIAP IKUTI JOTA-JOTI NASIONAL DAN ASIA PASIFIK AIR/INTERNET JAMBOREE

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bakal menyelenggarakan Jamboree On The Air (JOTA) Nasional ke-71 Jamboree On The Internet (JOTI) Nasional ke-29 dan partisipasi dalam 8th Asia-Pasific Regional Air/Internet Jamboree. Dalam kegiatan yang akan digelar tiga hari mulai 3-5 Agustus mendatang, Kwarda Jatim pun kini menyatakan siap bergabung.
Ketua Dewan Kerja Daerah Kwarda Jatim, Kak Miftakhul Khoiriyah mengatakan, untuk koordinasi dengan Kwarcab, Kwarda Jatim telah memberikan surat edaran ke seluruh cabang. Selain itu, pihaknya kini juga tengah menjalin kerjasama dengan ORARI (Oraganisasi Radio Amatir Republik Indonesia) Daerah Jawa Timur.
 “Dari pengalaman sebelumnya, peminat Joti lebih banyak, karena akses internet mudah didapat. Namun, untuk peserta Jota selama ini masih relatif sedikit, karena kendala peralatan radio amatir yang langka dan jarang dimiliki,” katanya.
Namun, lanjut dia, sebelum pelaksanaan dimulai tanggal 3 Agustus, pihaknya akan mulai mengudara dan berkoordinasi dengan kwarcab terlebih dahulu sebelum melakukan sambungan dengan kwarnas dan peserta se-Asia Pasifik. “Dengan koordinasi awal itu, kami akan memetakan cabang mana saja yang siap mengikuti Jota-Joti Asia Pasifik,” ungkapnya.
Dalam pelaksanaannya, peserta akan dapat saling berkomunikasi melalui media radio dan internet. Pada dasarnya banyak kelebihan bagi peserta Jota-Joti. Misalnya, dalam hal komunikasi, peserta dapat berdiskusi secara langsung setiap hari selama pelaksanaan dengan tema yang berbeda bersama seluruh pramuka se-Asia Pasifik yang bergabung. Sehingga, jaringan dapat diperluas dan perkembangan info kepramukaan tentunya akan dapat diketahui dengan cepat.
Untuk lokasi stasiun induk akan ditempatkan di Sekretariat Kwarda Jatim. Ia pun meminta pada seluruh DKC se-Jatim untuk dapat mengikuti program tersebut. Pasalnya, sejauh ini antusiasme dari DKC pada pelaksanaan Jota Joti masih minim. Ini terbukti dari kegiatan tingkat nasional yang digelar oleh Kwarnas, karena hanya beberapa DKC saja yang dapat bergabung, di antaranya dari Gresik, Magetan, dan Sidoarjo.
Adapun pelaksanaan Jota Joti juga merupakan bentuk aplikasi berdasarkan pada circular World Bureau of The World Organization of The Scout Movement No 021 Tahun 2009, Asia Pasific On The Air Internet (APA) dan Asia Pasifik On The Internet (API). (afr)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google