Responsive Ads Here

Thursday, April 5, 2012

Pembinaan Ditingkatkan, Peraih Juara Nasional Diberi Beasiswa


Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kaltim bersama Pemerintah Kabupaten Kutai Barat menggelar Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang (LT-IV) se-Kaltim yang diikuti 224 peserta dari 14 kwartir cabang (Kwarcab) yang dilaksanakan sejak 31 Maret hingga 4 April 2012.
456207_LT-4, Kaltim.++.jpg"Bagi peserta LT IV yang akan lolos dan mengikuti LT V di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta serta meraih juara Nasional, maka akan diberikan hadiah berupa beasiswa dari Pemprov Kaltim," kata Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy, yang juga Wakil Ketua Mabida Gerakan Pramuka Kaltim saat mewakili Gubernur Kaltim pada Pembukaan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang (LT-IV) Kaltim di Halaman Makodim Kutai Barat, Ahad, 1 April 2012.
Momentum LT IV ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya terutama bagi anggota Pramuka Penggalang yang mewakili daerah masing-masing. Sehingga dalam lomba itu yang merupakan orang-orang yang terbaik diharapkan mampu berprestasi dan mengharumkan nama daerah.
Memajukan serta menggalakkan kembali Gerakan Pramuka di daerah merupakan tantangan bagi semua pihak. Apalagi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah mengatakan, Pramuka di Indonesia saat ini mengalami kemunduran dari segi kuantitas.
Kondisi ini lanjutnya, terjadi akibat kegiatan kepramukaan tidak begitu diminati kalangan anak-anak, remaja dan pemuda. Khususnya jika dibandingkan dengan kegiatan ekstra lain baik di bidang kesenian, keterampilan serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di sekolah.
"Kondisi demikian tentunya cukup memprihatinkan, karena melalui Gerakan Pramuka sebenarnya kita berharap banyak manfaat yang bisa dipetik sebagai upaya pembinaan terhadap generasi muda bangsa. Karenanya, saya menginginkan agar Gerakan Pramuka khususnya Pramuka Penggalang terus ditingkatkan, baik dari segi kuantitas keanggotaan maupun kualitasnya," harap Farid Wadjdy.
Sementara itu Bupati Kutai Barat Ismail Thomas mengemukakan Pramuka merupakan kumpulan para pemuda yang mampu berkarya atau bekerja secara sosial, disertai dengan penempaan kepribadian dan mental.
"Pramuka merupakan wadah bagi anak-anak muda yang suka berkarya. Sehingga akan menghasilkan perubahan yang lebih baik, terutama dalam upaya meraih kemajuan ilmu dan teknik yang berguna bagi orang lain," ujar Ismail Thomas.
Sedangkan Ketua Kwarda Kaltim H Hatta Zainal menyebutkan kontingan Kaltim pada 2002 lalu mampu meraih prestasi dan menjadi juara nasional pada ajang Lomba Tingkat V, maka ajang LT-IV pada 2012 ini hendaknya mampu menghasilkan peserta lomba yang berprestasi.
"Kegiatan LT-IV ini merupakan ajang rutin bagi Pramuka Penggalang setiap lima tahun sekali dan dilaksanakan secara bergantian di kabupaten dan kota se-Kaltim. Prestasi membanggakan bagi Kaltim, karena pada 2002 lalu telah mampu menjadi juara nasional pada ajang LT-V secara nasional," jelas Hatta Zainal.
Dikemukakan Ketua Panitia Sigit Muryono bahwa LT-IV se-Kaltim ini bertujuan sebagai ajang pertemuan akbar seluruh Pramuka Penggalang se-Kaltim. kegiatan ini dirangkai atau digelar berbagai kegiatan keterampilan dan pengetahuan, sekaligus sebagai media memperkuat persatuan dan kesatuan, berkreasi dan berinovasi.
Sebelum pelaksanaan pembukaan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang (LT-IV) se-Kaltim yang dipusatkan di Halaman Makodim Kutai Barat, Wakil Gubernur H Farid Wadjdy bersama rombongan didampingi Bupati Kubar Ismail Thomas dan Wabup Didik Effendi serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kubar melakukan peletakan batu pertama pembangunan Sekretariat Kwarcab Kubar di Komplek Perkantoran Pemkab Kubar di Barong Tongkok. Humas KN (yans/hmsprov)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google