Responsive Ads Here

Thursday, April 5, 2012

Hoodie Modis Seragam Pramuka Muslim Inggris

Hidayatullah.com—Setelah ada permintaan dari warga Muslim, pramuka Inggris kini mempunyai seragam bagi mereka yang mengenakan jilbab.

Seragam tersebut memiliki menyerupai hoodie,pakaian anak muda perkotaan yang memiliki penutup kepala dengan panjang baju mencapai lutut, dengan motif kain mencerminkan kepramukaan dan kegiatan petualangan.

Seragam tersebut dirancang oleh desainer muda Inggris berusia 27 tahun, Sarah Elenany. Dari London, ia memasarkan produknya itu dengan merek Elenany. Bajunya dirancang agar pemakai tetap bisa beraktivitas dengan bebas dan nyaman.
''Saya ingin anggota pramuka terlibat dalam perancangannya -- dan mereka kemudian memberi tahu pakaian seperti apa yang ingin mereka kenakan serta apa yang tidak mereka suka dengan yang sekarang ada,'' katanya Elenany.

Adanya seragam baru ini menunjukkan perubahan pada anggota pramuka Inggris yang semakin moderen dan beragam.
''Dengan tersedianya pakaian baru ini menunjukkan bahwa kami bergerak sesuai waktu dan menyesuaikan diri dengan tumbuhnya anggota dari latar budaya yang beragam,'' kata ketua pramuka Inggris Bear Grylls.

''Pramuka menawarkan kesempatan untuk semua orang tanpa pandang agama, etnis atau kepercayaan. Saya sangat bangga telah menawarkan sebuah lingkungan bagi mereka untuk berbagi.''

Sekitar 600 pramuka Muslim putri dipastikan akan mengenakan seragam baru ini, di samping model berbeda yang dapat dipakai oleh anggota pramuka putri lain. Saat ini ada sekitar 2.000 anggota pramuka Inggris beragama Islam.

Aamena Ismail, 12, dari London mengatakan, ''Pakaian model hoodie ini fantastis. Sebagai seorang pramuka Muslim putri saya merasa sangat nyaman, tetap praktis dan bahkan bisa saya kenakan untuk berlayar.''

''Bahkan kalau dikenakan di luar kegiatan kepramukaan, masih tetap modis,'' imbuhnya

Berdasar sensus Asosiasi Pramuka Inggris, untuk pertama kalinya dalam sejarah terjadi peningkatan anggota putri yang lebih banyak dari pria. Sejak tahun 2005 saja terjadi peningkatan 88% dengan jumlah total 66.576 anggota. Demikian dilansir BBC (30/03/2012).*
Rep: Ama Farah
Red: Dija

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google