Responsive Ads Here

Friday, December 30, 2011

Bupati Labuhanbatu Buka Kegiatan Raimuna Cabang Pramuka

Bupati Labuhanbatu Buka Kegiatan Raimuna Cabang PramukaRANTAUPRAPAT – 27 Desember 2011,  Bupati Dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Labuhanbatu membuka secara resmi acara Raimuna Cabang bagi Pramuka Penegak dan Pandega di lapangan bola kaki Kompi 125/KC Rantauprapat, Selasa (27/12).

Raimuna yang berasal dari bahasa Ambai, daerah Yapen Timur, Kabupaten Yapen Waropen Papua, terdiri dari dua suku kata yakni Raid an Muna. Rai berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan Muna adalah daya kekuatan jiwa yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Jadi, Raimuna adalah sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh daya kekuatan yang selalu member semangat tinggi dalam mencapai tujuan.

Dalam pidato arahannya, Bupati Tigor Panusunan Siregar mengatakan, kegiatan Raimuna Cabang Tahun 2011 yang diikuti anggota Pramuka penegak/pandega dari Labuhanbatu, Labura dan Labusel merupakan kegiatan yang positif bagi generasi muda.

Pada Raimuna ini, kata Tigor, adik-adik penegak dan pandega akan disuguhi berbagai kegiatan yang menarik dan menantang seperti Giat Prestasi, Observasi, aneka permainan, penghijauan, ceramah Narkoba, penanggulangan bencana dan pentas seni yang semuanya itu menjadi pengalaman berharga untuk bekal perjalan hidup kalian setelah dewasa nanti.

Gerakan Pramuka juga merupakan salah satu kegiatan untuk memupuk rasa cinta tanah air dan bela Negara. “Kalau keuangan Negara memungkinkan Negara kita sudah melaksanakan wajib militer, tetapi karena keuangan negara terbatas maka kita mensiasatinya dengan melakukan pembinaan melalui Gerakan Pramuka dengan memberikan pendidikan berkarakter kebangsaan kepada generasi muda yang tergabung di dalamnya”, kata Tigor.

Pada kesempatan itu Tigor secara khusus meminta kepada para penegak dan pandega untuk senantiasa menjaga kondisi kesehatan, karena dalam kegiatan di alam terbuka seperti Raimuna ini kondisi kesehatan harus terjaga dengan baik.

Ketua Panitia Pelaksana Raimuna Cabang Tahun 2011 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Labuhanbatu yang juga Kepala Dinas Pendidikan Drs Iskandar dalam laporannya mengatakan, jumlah peserta dalam kegiatan Raimuna itu sebanyak 713 orang yang terdiri dari peserta putra 307 orang, putri 356 orang, pembina pendamping 22 orang putra dan 28 putri.

Iskandar mengatakan, tujuan dilaksanakannya Raimuna itu adalah untuk memberikan wawasan dan pengalaman anggota Pramuka Penegak dan Pandega dalam hal keterampilan serta menumbuhkan kesadaran disiplin hidup sehat dan menjaga lingkungan.

Raimuna yang berlangsung selama 4 hari dari tanggal 27-30 Desember 2011 itu dilaksanakan di komplek Gedung Olah Raga Rantauprapat, sementara acara pembukaan dan penutupan dilaksanakan di lapangan Kompi Senapan C 126/KC Rantauprapat.

Selesai upacara pembukaan Bupati dan Unsur Muspida lainnya melakukan peninjauan ke lokasi perkemahan Raimuna. Pada peninjauan secara khusus Bupati memberikan tips kepada adik-adik penegak dan pandega dalam menjaga kebugaran tubuh, seperti minum Oralit selesai berolah raga.

Hadir pada acara itu para Unsur Pimpinan Daerah, Bupati Labura yang diwakili oleh Sekdakab H Amran Matondang SH MHum, Wakil Bupati yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Labuhanbatu, para kepala SKPD dan undangan lainnya. 


(Sumber Berita:  http://labuhanbatukab.go.id - http://pramuka.or.id)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google