Responsive Ads Here

Sunday, September 18, 2011

Kembali ke Alam hingga Aksi Bersih-bersih Kota

Kwarcab Nunukan Gelar Kemah Keluarga

NUNUKAN – Masih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Emas Gerakan Pramuka Indonesia, Kwarcab Pramuka Nunukan kembali membuktikan pengabdiannya melalui kegiatan Kemah Keluarga 16 hingga 18 September di lapangan Sepakbola Gadis II. Disampaikan bupati perkemahan Ka Yohanes Sogemakin SAg, melalui kegiatan kemah keluarga ini telah terkumpul 475 peserta, terdiri dari penggalang pramuka tingkat sekolah dasar, menengah pertama hingga menengah atas, termasuk pula dari beberapa Saka Pramuka yang ada di Nunukan seperti Saka Bahari-Lanal Nunukan, Saka Bhayangkara-Polres Nunukan, Saka Wira Kartika-Kodim 0911/Nunukan, Saka Bhakti Husada-Dinkes Nunukan dan Saka lainnya. Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama kemah keluarga berlangsung, seperti: lomba menyanyi keluarga, nonton bareng film dokumentar tentang nasionalisme kebangsaan. Ada pula kegiatan out bond, serta tak kalah serunya aksi bersih-bersih kota yang melibatkan seluruh peserta.

Ketua Kwarcab Pramuka Nunukan Haji Trisno Hadi MKes, dalam rangka HUT Emas Pramuka ihwalnya untuk di Kaltim hanya Nunukan satu-satunya yang menggelar kegiatan kemah keluarga. Kegiatan ini diharapkan akan semakin meningkatkan semangat nasionalisme, patriotisme khususnya generasi muda, serta mengasah keterampilan dan kesahajaan, serta mampu berkarya. Nunukan sebagai daerah perbatasan juga siap membuktikan diri sebagai daerah yang aktif dalam kegiatan keperamukaan, untuk membuktikan itu, Nunukan di tingkat nasional bakal tampil sebagai tuan rumah kegiatan Saka Bahari Nasional akhir Desember hingga Januari 2012. Saka Bahari yang merupakan program TNI AL bekerjasama Pemkab Nunukan bakal terpusatkan di Desa Batu Lamampu Kecamatan Sebatik.

Ajang ini bakal diikuti penggalang se-Indonesia yang jumlahnya diperkirakan mencapai 1.500 orang, dengan rencana kegiatan bela negara, penghijauan, kerja bakti serta kegiatan lain yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. “Kegiatan ini bertujuan untuk membuktikan bahwa Kabupaten Nunukan sebagai daerah perbatasan aktif dalam kegiatan pembinaan generasi muda, selain itu momen untuk memperkenalkan Nunukan dengan potensi alamnya, potensi wisatanya, serta sejarah perjuangan para pahlawan Dwikora di Nunukan,” ujarnya.

Sementara itu, Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) Rachmad Jayadi mewakili Ketua Mabicab Pramuka yang juga Bupati Nunukan Drs Basri mengatakan, kegiatan kemah keluarga merupakan tempat awal dalam mendidik generasi muda lebih kreatif, memiliki mental kuat serta memiliki semangat nasionalisme. Selain itu, juga sebagai momen untuk mendekatkan diri di dalam satu keluarga agar lebih akrab, saling memahami dan menyayangi, serta banyak hal yang bisa dipelajari. Selain itu, melalui kemah keluarga, akan ada pelajaran bagaimana menghargai alam, menyatu dengan alam, dan hal-hal penting bisa ditanamkan dalam kehidupan keluarga.(ica)

Sumber: www.radartarakan.co.id

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google