Responsive Ads Here

Tuesday, July 5, 2011

Pramuka Bangkit Kembali

Pramuka Bangkit KembaliJambore Nasional Dibuka Presiden

Teluk Gelam: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi oleh Menpora Andi Mallarangeng, Menko Kesra Agung Laksono, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, dan Ketua Kwarnas Azrul Azwar, membuka Jambore Nasional ke-9 di Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Ogan Komering Ilir, Sumsel, hari Sabtu (2/7) sore. "Pramuka telah bangkit kembali," kata SBY dalam sambutannya.

Bankit kembali, menurut SBY karena sejak dicanangkan revitalisasi gerakan pramuka lima tahun lalu, telah banyak peningkatan. "Untuk melanjutkan revitalisasi, jadikanlah kegiatan pramuka sebagai alat pelindung pemuda dalam menghadapi masalahan kepemudaan yang muncul belakangan ini. Saya juga mendukung dibentuknya unit penelitian dan pengembangan dalam gerakan pramuka. Pada lima atau sepuluh tahun ke depan, masa depan bangsa berada di tangan kalian," ujar SBY.

Sby juga berpesan kepada para pramuka penggalang agar menjadi remaja yang aktif, kreatif, dan energik. Hal ini penting karena mereka merupakan pemegang tongkat estafet di masa datang.


Sebelumnya Ketua Kwarnas Azrul Azwar mengungkapan sudah ada sekitar 22 juta orang Indonesia yang menjadi anggota pramuka. "Di daerah sudah banyak dilakukan jambore-jambore dan puncaknya pada Jambore Nasional ini. Artinya pramuka sudah mulai meningkat seperti pada era dulu," kata Azrul.

Jambore Nasional yang akan berlangsung hingga 8 Juli itu diikuti oleh sekitar 25.000 pramuka dari 33 provinsi di Indonesia dan dua negara sahabat, Malaysia dan Singapura. Lokasi perkemahan terletak di tepi danau dengan luas sekitar 200 hektar. Teluk Legam sendiri berjarak sekitar 90 kilometer dari ibukota Sumsel, Palembang.

"Masyarakat Sumatera Selatan sangat bangga dan berterimakasih dijadikannya tuan rumah Jambore Nasional, setelah sejak 1977 di Sibolangit tidak lagi diadakan di pulau Sumatera," kata Gubernur Sumsel Alex Nurdin.

Pembukaan jambore diwarnai penekanan tombol sirene oleh SBY, pengalungan tanda peserta kepada dua pramuka, dan penandatangan sampul seri Jambore Nasional IX tahun 2011.

Pejabat tinggi negara yang hadir di antaranya Menkominfo Tifatul Sembiring, Panglima TNI Agus Suhartono, dan Kapolri Timur Pradopo. Sementara itu dari Kemenpora tampak Deputi Zubachrum Tjenreng, Lalu Wildan, Staf Ahli Amran Razak, Staf Khusus Faisal Abdullah, Karo Humas, Hukum, dan Kepegawaian, Amar Ahmad, dan Kabag Humas, Arsani. (todi)

 

Sumber: www.kemenpora.go.id

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google