Responsive Ads Here

Tuesday, January 25, 2011

Pembinaan Gerakan Pramuka Harus Jadi Prioritas

Medan: Kwardasu Drs H Amansyah Nasution MSP meminta kepada segenap komponen agar benar-benar membina dan mengembangkan Gerakan Pramuka dan menjadi prioritas setiap kepala daerah.

"Kita tidak ingin Pramuka dianggap tidak penting lagi, melempem, kurang semangat dan berjalan apa adanya," kata Amansyah saat pengukuhan Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM menjadi Ka. Mabicab Pramuka Kota Medan, dan Wakil Walikota Medan Drs H Dzulmi Eldin S MSi sebagai Ka Kwarcab Pramuka Kota Medab beserta para Pembina, Andalan Cabang, Andalan Ranting, Ka Mabiran dan Ka Kwaran, Jumat (21/1) di balai Kota Medan.

Disebutkan, gerakan Pramuka sangat penting dan tetap relevan dengan perkembangan zaman, maka mari kita merevitalisasi gerakan Pramuka dengan melakukan inovasi dan perubnahan mettodologi gerakan pramuka. "Saya sangat komit dengan pembinaan dan pengembangan Pramuka, kareba saya tahu bahwa gerakan Pramuka sebagai gerakan Kepanduan, masih murni dan non politik, dab saya yakin melalui kepramukaan akan lahir para pimpinan masda depan yang berwatak, bermartabat dan memiliki jiwa patriotisme, " ujar Amansyah Nasution.

Ka Kawradasu dalam kesempatan itu menyampaikan pesan agar terus memantapkan Gugus Depan (Gudep) berbasis sekolah dan wilayah agar gerakan Pramuka semakin kuat dan tangguh, lakukan kursus dan oreantasi kepramukaan bagi Pembina gudep di sekolah dan wilayah, perkuat organisasi dan manajemen kepramukaan dengan baik, lakukan konsulidasi dengan jajran pengurus. Selain itu Kwartir Cabang diharapkan memiliki sarana dan prasarana latihan keparamukaan, dalam bentuk Bumi Perkemahan, karena disilah anggota gerakan Pramuka menempa dan membina diri dengan menmgembangkan keterampilan keparmukaan, dan terakhir Walikota Medan selaku Ka Mabicab agar benar-benar memberikan dukungan dalam bentuk fasilitas, bimbingan dan anggaran, dalam rangka implementasi revitalisasi gerakan Pramuka.

Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM selaku Ka Mabicab Pramuka Kota Medan mengatakan, gerakan Pemuka sebagai wadah pembentukan watak sungguh sangat dperlukan di era yang penuh dinamika saat ini dan kedepan, kita prihatin karena sejumlah remaja dan pemuda saat ini telah tergelincir dalam pergaulan bebas dan terpengaruh dalam penyalahgunaan narkoba. Selain itu, tindakan kekerasan dan lainnya dapat merusak masa depannya, kondisi seperti ini tentu sangat tidak diinginkan, karena akan melemahkan ketahanan dan karakter bangsa. "Diharapkan pembinaan gereakan Pramuka benar-benar menjadi wadah yang dapat mencegah generasi muda dari kehidupan dan prilaku yang tidak sehat," katanya.

Walikota Medan meminta kepada para pengurus Majelis Pembimbing dan Kwartir Cabang agar benar-benar mendukung gerakan Pramuka Kota Medan, baik berupa bimbingan, maupun fasilitas dan anggaran, tetap memperhatikan dan memantau serta memberikan pembinaan kepada Kwartir, Ranting dan Gugus Depan yang berpangkalan di sekolah-sekolah. "Jadikan Pramuka menjadi idaman dan idola bagi setiap anak bangsa khusunya di Kota Medan, upayakan setiap Kwartir Cabang dan Ranting mempunyai perkantoran dan sekretariat, keamanan serta memiliki sarana dan prasarana kepramukaan sebagai pusat pendidikan dan latihan, dan terakhir pacu dan kembangkan terus gerakan kepramukaan selaras dengan perkembangan zaman. (sumber: analisadaily.com)

 

Sumber: http://www.kemenpora.go.id

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google