Responsive Ads Here

Thursday, December 23, 2010

Ilmuwan Ciptakan Tikus Bersuara Seperti Burung

Tikus

OSAKA - Sekelompok tim peneliti dari University of Osaka berhasil menciptakan seekor hewan yang berbeda dalam proyek bertajuk Evolved Mouse Project.

Dilansir melalui Telegraph, Rabu (22/12/2010), para ilmuwan itu telah berhasil menciptakan seekor tikus yang mampu 'bernyanyi' seperti burung. Mereka menggunakan anak tikus yang telah direkayasa secara genetik dan berpotensi mengalami mutasi.

"Mutasi adalah kekuatan pendorong evolusi. Kami telah melakukan persilangan tikus rekayasa genetika selama beberapa generasi untuk melihat apa yang akan terjadi selanjutnya," ujar ketua tim peneliti, Arikuni Uchimura.

"Kami memeriksa tikus yang baru lahir satu per satu. Suatu hari kami menemukan seekor tikus yang bernyanyi seperti burung," katanya. Uchimura menegaskan jika tikus 'bernyanyi' telah lahir setelah mengalami rekayasa genetik dan karakter tersebut akan diteruskan kepada generasi mereka di masa depan.

Para ilmuwan mengaku terkejut dengan hasil ini. Pasalnya mereka mengharapkan kelahiran tikus yang berbeda dalam bentuk fisik.

Pusat penelitian yang dikepalai Takeshi Yagi, profesor daru University of Osaka mengaku telah memiliki lebih dari 100 'tikus bernyanyi' yang akan diberdayakan untuk penelitian lebih lanjut.

Tim peneliti berharap mereka bisa mendapatkan pentunjuk mengenai cara bagaimana bahasa manusia berevolusi sehingga mereka bisa memahami asal usul bahasa manusia.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa burung pun menggunakan elemen suara yang berbeda, sama seperti bahasa manusia yang berbeda-beda dengan aturan linguistik tertentu.

"Untuk diteliti, subyek tikus lebih baik daripada burung karena mereka adalah mamalia dan lebih dekat kepada manusia, terkait struktur otak dan aspek biologis lainnya," kata Uchimura.

"Kami melihat bagaimana tikus yang memancarkan suara baru akan mempengaruhi tikus biasa dalam kelompok yang sama. Dengan kata lain jika memiliki konotasi sosial," katanya, seraya menambahkan bahwa tikus biasa mencicit karena stres. (srn)

 

Sumber: okezone.com

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google