Responsive Ads Here

Tuesday, October 19, 2010

Pramuka Berperan Didik Generasi Muda

Pramuka Berperan Didik Generasi Muda

Palangka Raya: Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) HM Riban Satia menyatakan, Praja Muda Karana (Pramuka) berperan penting mendidik generasi muda sebagai calon penerus pembangunan dan pemimpin bangsa dimasa datang. 

"Generasi muda memiliki peranan penting dalam memajukan dan meningkatkan pembangunan, karena itu dari sekarang mereka harus dididik, dibina atau dibimbing melalui wadah organisasi yang bisa membentuk kualitas anak bangsa, salah satunya adalah Pramuka," ucap Riban di Palangkaraya, Sabtu (2/10).

Menurut Riban, sejak beberapa tahun terakhir gejala semakin lunturnya semangat dan rasa kebangsaan para generasi muda dapat dilihat dari segi rendahnya solidaritas sosial, menipisnya semangat bela negara, dan semakin kurang pemahaman terhadap nilai-nilai sejarah. 

Ia mengatakan, hal itu mengakibatkan banyaknya permasalahan yang dilakukan oleh generasi muda di dalam kehidupan bermasyarakat, misalnya seperti melakukan penyelesaian masalah dengan kekerasan, dan banyaknya terpengaruh kebudayaan minum-minuman keras, obat-obatan, bahkan pergaulan bebas. 

Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan Pramuka bisa lebih aktif untuk menanggapi dan mengantisipasi masalah tersebut agar para generasi muda bisa memahami nilai-nilai budaya bangsa, serta norma-norma di dalam bermasyarakat. "Kami menilai Pramuka memiliki peranan penting dalam mendidik para generasi muda dengan berbagai kegiatan sebagai salah satu program untuk menjamin keberhasilan pembangunan bangsa dan negara serta daerah bagi masyarakat," ucap Riban. 

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada seluruh organisasi kepemudaan untuk melakukan kegiatan yang sama yakni merangkul para generasi muda dan memberikan pendidikan, binaan atau bimbingan untuk memberikan pelajaran positif sebagai sebagai calon penerus pembangunan daerah. 

"Kami juga mengimbau kepada seluruh organisasi kepemudaan dan masyarakat, agar bisa memberikan pendidikan, bimbingan serta pengetahuan untuk berperan di dalam memajukan dan meningkatkan pembangunan bagi bangsa serta negara khususnya daerah masing-masing," jelas Riban. (sumber: mediaindonesia.com)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google