Responsive Ads Here

Monday, October 31, 2016

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Slawi Barometer Kegiatan Pramuka

Posted: 30 Oct 2016 11:03 PM PDT

pengurus-kwarran-slawi-berpose-dengan-jajaran-tim-kwarcab-tegal

Pengurus Kwarran Slawi berpose dengan jajaran Tim Kwarcab Tegal (Foto: Humas Kwarcab Tegal)

SLAWI – Camat Slawi, Muhtadi,S.Sos mengungkapkan, Kwartir Ranting Slawi merupakan representasi dari kegiatan Kepramukaan di Kabupaten Tegal. Selain merupakan ibukota Kabupaten, Slawi juga menjadi pusat semua kegiatan," ungkap Muhtadi saat menerima Tim Pembinaan Kwartir Cabang Tegal di pendopo Kecamatan Slawi, Sabtu (29/10) kemarin.

Untuk itu, Ketua Mabiran Slawi itu berharap, jajaran pengurus Kwarran Slawi kedepan akan lebih baik dalam penyusunan program pembinaan Pramuka maupun realisasinya. "Saya yakin, dengan semangat dan kebersamaan jajaran pengurus, Slawi bisa menjadi yang terbaik," katanya.

Hal senada dikatakan, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Kwartir Cabang Gerakan PramukaTegal, Drs Agus Subagyo,MM. Menurutnya Kwartir Ranting (Kwarran) Slawi bisa menjadi barometer dan tolok ukur kegiatan Pramuka di Kabupaten Tegal.

"Kwarran Slawi berada di ibu kota Kabupaten Tegal, sehingga tidak berlebihan jika Pramuka di wilayah Slawi lebih eksis dalam berbagai hal. Utamanya menjadi garda terdepan dalam mengawal UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka," jelasnya.

Selain daripada itu, Agus juga meminta kegiatan Kwarran mengikuti trend Pramuka masa kini yakni berorientasi kepada kegiatan karya nyata yang langsung menyentuh masyarakat. Yakni melalui aksi Pramuka Peduli, sehingga Pramuka makin dikenal dan melekat di hati masyarakat.

"Lakukanlah berbagai kegiatan yang bernuansa Pramuka Peduli, seperti bakti sosial, cabut paku di pohon, tanam pohon, donor darah, kegiatan K3 untuk dukung Adipura dan sebagainya," papar Kepala BLH itu.

Ketua Kwarran Slawi, Suhartono mengaku siap melaksanakan hasil pembinaan dari Kwartir Cabang. Hal itu untuk mewujudkan kinerja Kwarran Slawi menjadi lebih baik dimasa mendatang. "Dengan pembinaan ini, Insya Alloh kedepan kita akan berupaya memperbaiki segala kekurangan yang ada, sehingga akan meningkat dan menjadi lebik baik," ujarnya. (Humas Kwarcab Tegal)

Jadi Juara di ISC, Regu Jawa Timur dapat Tiket ke Amerika Serikat

Posted: 30 Oct 2016 09:58 PM PDT

Jawa Timur Juara Umum Pada Kegiatan  Indonesia Scouts Challenge (ISC) bersama Antangin Junior edisi 2015-2016 (Foto: Humas Kwarnas)

Jawa Timur Juara Pada Kegiatan Indonesia Scouts Challenge (ISC) bersama Antangin Junior edisi 2015-2016 (Foto: Panitia ISC / Humas Kwarnas)

Jakarta, Kegiatan  Indonesia Scouts Challenge (ISC) bersama Antangin Junior edisi 2015-2016 resmi ditutup ‎di Bumi Perkemahan Rama-Shinta, Prambanan, Rabu malam 26 Oktober 2016. Regu Surabaya berhasil tampil menjadi pemenangnya baik regu putra maupun putri. ‎

‎Saat itu, babak grand final berlangsung mendebarkan. Sebanyak 5 regu putri dan 5 regu putra bersaing dengan keras untuk menjadi yang terbaik dalam babak final, yakni Quiz Bowl. ‎

Quiz Bowl untuk regu putri diikuti SDN 1 Sambirata, Jawa Tengah (Grup A); SDN Rambutan 3 Pagi, DKI Jakarta (Grup B); MI Raudhatul Jannah, Banten (Grup C); SDN Bandar Lor 3, Jawa Timur (Grup D); dan SDN 4 Penganjuran, Jawa Timur (Grup E).

Nilai antara satu regu dan regu lainnya saling berkejaran. Mengiringi Quiz Bowl, gemuruh semangat suporter regu saling beradu. Meski hujan melanda Bumi Perkemahan (Buper) Rama-Shinta, Prambanan, semangat scouts cilik tidak luntur.

Grup A terlihat terburu-buru menjawab pertanyaan pertama. Akibatnya, jawaban mereka salah dan harus dikurangi 10 poin. Meski begitu, Grup A mampu mengejar ketertinggalan dengan menjawab benar soal selanjutnya. Perjuangan mereka membuahkan hasil. Sesi pertama, yakni tebak gambar, Grup A unggul dengan 105 poin.

Memasuki sesi kedua, yakni Word Challenge, Grup A tetap unggul. Mereka mendapat tambahan 80 poin. Dengan begitu, Grup A memperoleh nilai total sementara 185 poin, meninggalkan jauh empat grup lainnya. “Horeeee…,” ujar para suporter kontingen Jawa Tengah bersorak ketika perolehan skor sementara diumumkan.

Namun, dominasi kemenangan Grup A terpatahkan dalam sesi terakhir, yakni tantangan memasang tenda. Grup E mampu mengalahkan Grup A dan unggul dengan skor 320 poin. Regu putri SDN 4 Penganjuran, Jawa Timur, pun keluar sebagai pemenang ISC bersama Antangin Junior National Championship.

“Kami sempat pesimistis kalah. Kami senang sekali atas kemenangan ini,” ungkap Jessica Maharani, anggota Grup E.

Quiz Bowl regu putra juga tak kalah menegangkan. Lima regu putra merupakan pilihan terbaik dari 1.170 scouts cilik ISC National Championship. Tentu, setiap regu memiliki keunggulan yang ditampilkan.

Mereka adalah SDN Bintara XI, Jabar (Grup A), MIN Rejotangan, Jatim (Grup B), SDN 1 Rogojampi, Jatim (Grup C), SDN Sidosari Kesesi, Jateng (Grup D), dan SDN Rambutan 3 Pagi, DKI Jakarta (Grup E).

Dengan begitu, Jawa Timur unggul dengan membawa dua regu sekaligus ke Amerika Serikat. Hadiah diberikan langsung oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Adhyaksa Dault.

Adhyaksa menyatakan senang melihat semangat scouts cilik ISC Dia berharap kegiatan Pramuka seperti ISC bersama Antangin Junior bisa terus berkembang. “Kegiatan ini bisa mencetak generasi emas,” ujarnya

Sementara, Presiden Direktur PT Deltomed Laboratories Mulyo Rahardjo juga mengaku bangga bisa mendukung ISC bersama Antangin Junior. Menurut dia, kegiatan seperti ini bisa membentuk manusia yang bermanfaat bagi bangsa. ”Mengasah keterampilan dan mental yang kuat,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Mulyo, PT Deltomed akan terus mendukung kegiatan ISC bersama Antangin Junior di tahun yang akan datang. (HK/Humas Kwarnas)

 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google