Responsive Ads Here

Friday, July 22, 2016

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka


Tersiram Minyak Goreng, Peserta Kontingen Bogor Dirujuk Ke Rumah Sakit

Posted: 22 Jul 2016 02:14 AM PDT

siulasi jamans x 2016 sakit

simulasi pra Jamnas yang sedang diperagakan oleh Tim Kesehatan dalam rangka persiapan menghadapi Jamnas X

Jakarta, Peserta Jambore Nasional 2016 dari Kwartir Cabang Bogor, Arsyad mengalami luka bakar di bagian kedua kakinya. Ia tersiram minyak goreng yang sudah mendidih saat mengikuti kegiatan festival kuliner Jamnas di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur.

Kejadian bermula, saat peserta Jamnas sudah siap mengikuti festival kuliner pada Jumat siang (22/7/2016). Semua kontingen yang hadir diwajibkan membuat masakan khas dari daerahnya masing-masing.

Arsyad yang kebetulan datang dari Kontingen Bogor ingin membuat masakan Soto Mie yang menjadi ciri khas Koto Hujan itu. Saat dirinya ingin menggoreng risol dan krupuk, tiba-tiba tidak sengaja wajan yang terisi minyak tersenggol oleh temanya, hingga akhirnya tumpah ke kaki Arsyad.

Arsyad menjerit kesakitan, karena kulit kakinya terkelupas. Ia langsung dilarikan ke Posko Kesehatan Jamnas yang sudah disiapkan panitia. ‎Kondisi di lapangan yang tengah hujan deras sempat menyulitkan petugas kesehatan untuk mengevakuasi korban.

‎Dokter Bambang Sarjono yang sedang bertugas dilokasi langsung memberikan pertolongan pertama kepada korban. Setelah dilakukan pemeriksaan, dr Bambang memutuskan untuk membalut kedua kaki Arsyad, dan memerintahkan untuk dirujuk ke rumah sakit terdekat.‎

“Karena lukanya parah, sedangkan peralatan di sini kurang memadai, maka demi keselamatan korban, kita putuskan untuk dirujuk ke rumah sakit terdekat,” ujarnya.

‎‎Insiden ini adalah bagian dari simulasi pra Jamnas yang sedang diperagakan oleh Tim Kesehatan dalam rangka persiapan menghadapi Jamnas X di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur 14-21 Agustus 2016. “Ini adalah bagian dari simulasi untuk mengukur kesiapan dari Tim Kesehatan,” jelasnya.

Menurutnya, untuk menghadapi Jamnas dengan jumlah peserta 25 ribu orang, maka segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan matang, termasuk Tim Kesehatan yang menjadi titik vital. Salah satunya mengenai kesiapan dokter, perawat dan peralatan kesehatan.‎ (HA / Humas Kwarnas)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google