Responsive Ads Here

Saturday, June 20, 2015

Pramuka Universitas Brawijaya

Pramuka Universitas Brawijaya


Training of Scout Trainer (TOST)

Posted: 19 Jun 2015 07:56 PM PDT

TRAINING OF SCOUT TRAINER ( TOST)

Sabtu, 06 Juni Racana Brawijaya mengadakan kegiatan seminar yang bertajuk TOST ! apakah TOST itu? TOST merupakan singkatandari Trainingof Scout Trainer? Gimanakah TOST itu? Training of Scout Trainer berarti seminar pelatihan untuk para pembantu pembina dan pembina pramuka untuk membina anak didiknya di pangkalan, Kegiatan tersebut juga merupakan salah langkah Racana Brawijaya untuk lebih mendekatkan diri dengan Perguruan Tinggi lain, dan sarana silahturahmi seluruh Perguruang Tinggi yang ada di Malang Raya. Karena Tak kenal maka tak sayang bukan ? ^^

Kegiatan tersebut merupakan progam kerja divisi Bina Satuan dengan dukungan oleh anggota Racana Brawijaya lainnya. Seminar tersebut bertempat di Gedung Ikatan Alumni Progam Vokasi.

Sebelum masuk ke dalam ruangan kegiatan, peserta disuguhi dengan makan khas adat Racana Brawijaya yakni Buah Apel manis dan Minuman Jahe yang menghangatkan tubuh. Buah apel dan minuman Jahe merupakan minuman jamuan yang khas untuk menjamu tamu racana. Sebelum materi, seminar dibuka dengan sesi sharing antar Perguruan Tinggi yang dipimpin oleh pemangku adat racana yaitu Kak Pandu dan Kak Naning, suasana peserta berlangsung sangat kondusif . Setelah sesi sharing usai kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-qur'an oleh Kak edi, suasana berlangsung hikmat. Semangat peserta kemudian digugah dengan seruan dirijen untuk menyanyikan lagu indonesia raya dan hymne pramuka suasana menjadi hidup kembali, dilanjutkan dengan sambutan kapel TOST kak Yusuf sebelum memulai materi.

Pemateri yang ditunggu-tunggu oleh peserta TOSTyang haus akan ilmu akhirnya datang, nyanyian selamat datang mulai bergemuruh menyambut kehadiran Kak Winarto. Kak Win meyampaikan tips dan cara Racana membina pramuka di suatu pangkalan agar lebih seru dan asik namun tetap mendapatkan ilmu kepramukaan yang cukup, salah satunya adalah menyanyikan lagu, lagu yang dinyanyikan berlirikan tema pramuka namun alunan musik yang dimainkan adalah alunan musik yang menggugah semangat dan terdengar familiar, contohnya adalah lagu oplosan, yang telah diubah liriknya dengan lagu yang bertemakan pramuka, sehingga para peserta ikut menyanyikan lagu tersebut dengan semangat. Selain itu dalam pengajaran kita juga bisa menambahkan berbagai macam gerakan yang asik. Acara penutupan ditandai dengan penyerahan Vandel kepada pemateri, nyanyian terima kasih kakak diserukan seiring dengan pemateri yang meninggalka ruangan seminar.

Seminar TOST tersebut juga diharapkan mampu memberikan semangat para pembina untuk membina tunas-tunas bangsa yang akan mengubah dunia dimasa yang akan datang, karena the World is in Our Hand… ^^

Beberapa dokumentasi :

IMG_0533

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google