Responsive Ads Here

Sunday, March 15, 2015

Pramuka Kota Bandung

Pramuka Kota Bandung


6 Tahun Chusmeii Community Bandung

Posted: 14 Mar 2015 09:16 AM PDT

Caption : Dengan di hadiri dan disaksikan sejumlah perwakilan anggota club motor Kota Bandung, Vici Sopari sebagai Pembina CCB memotong tumpeng pada acara perayaan ke-6 Tahun club motor Chusmeii Community Bandung di halaman Sekretariat Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung, Jalan LL.RE.Martadinata 157 Bandung, Sabtu (14/3/2015) malam. Club motor yang berdiri pada 9 Maret 2009 lalu awalnya merupakan rintisan dari 7 orang anggota pramuka penegak Kwarcab kota Bandung yang sama-sama mempunyai hobi mengendarai sepeda motor dan selanjutnya mendirikan sebuah perkumpulan (club) motor. Kini organisasi yang diketuai Yayan Priyadi ini kegiatannya tidak hanya melakukan convoy motor atau touring ke luar kota saja. Mereka sering pula melakukan aksi positif kepada masyarakat berupa bakti sosial. (Benny K/MOTP)

Pramuka Pangkalan Yon Zipur 9/Kostrad Gelar Lomba Kepramukaan Penggalang-Penegak

Posted: 14 Mar 2015 04:10 AM PDT

caption: Didampingi anggota TNI AD, beberapa pramuka penegak putri berusaha menancapkan pisau ke papan sasaran pada lomba lempar pisau dalam rangkaian Lomba Kepramukaan Penggalang-Penegak yang diselenggarakan Pramuka Gudep 28005-28006 Pangkalan Yon Zipur 9 dari 14-15 Maret 2015 di kompleks Yon Zipur 9/Kostrad, Jalan A.H.Nasution Bandung, Sabtu (14/3/2015). Lomba tersebut dalam rangka memperingati HUT Yon Zipur 9 Kostrad ke-53 tahun 2015.

Dalam rangka memperingati HUT Batalyon Zeni Tempur (Yon Zipur) 9 Kostrad yang ke-53 tahun 2015, Gerakan Pramuka Gugus Depan 28005-28006 Pangkalan Yon Zipur 9 mengadakan Lomba Kepramukaan Penggalang-Penegak se-Kota Bandung dari 14-15 Maret 2015 di kompleks Yon Zipur 9/Kostrad, Jalan A.H Nasution Bandung. Jenis lomba yang dibuka langsung oleh Komandan Batalyon, Mayor CZI. Bambang Iswandaru tersebut diantaranya: Lomba Peraturan Baris-Berbaris (PBB), Teknik Kepramukaan (Tekpram), dan Ketangkasan." Lomba ini baru pertama kali kami selenggarakan, bertepatan dengan peringatan HUT Yon Zipur 9 Kostrad ke-53 dan rencananya akan kami gelar rutin setiap tahun," ujar Ketua Pelaksana, Eko Triutomo kepada MOTP disela-sela kegiatan, Sabtu (14/3/2015). Sebelumnya, rangkaian peringatan HUT Yon Zipur 9 ke-53 diisi dengan pertandingan antar Kompi seperti; olahraga militer diantaranya; Menembak, Renang Militer, Cross Country, dan Lempar Pisau-Kampak sedangkan olahraga umum yang dikuti yakni; Futsal, Bola Volly, dan Sepak Takraw."  Respon dari pihak Yon Zipur terhadap kegiatan lomba kepramukaan ini baik sekali, karena menyangkut salah satu dari pembinaan generasi muda dan untuk selanjutnya kegiatan pramuka khususnya di Yon Zipur 9 akan dikembangkan terus, termasuk lomba-lombanya karena kedepannya akan memperebutkan piala bergilir dari Dan Yon Zipur 9," ujar Nurkholis selaku Pembina Harian Gudep 28005-28006. Selain lomba, dilaksanakan pula Bakti sosial Donor Darah untuk masyarakat umum bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung. Di tempat yang sama, Pembantu Pembina Pramuka SMAN 2 Bandung, Asep Nuriyana menyatakan kegiatan lomba ini lebih diarahkan pada pencapaian SKU dan SKK." Kalau untuk lomba disini, kami baru pertama kali ikut, namun yang lebih penting kegiatan ini kami arahkan kepada pencapaian SKU dan SKK mereka," ujar kak Asep. Menurut kak Asep, kegiatan ini juga dapat menumbuhkan sikap persatuan antar anggota pramuka." Dalam kegiatan berlaku pula rasa persatuan dan kekompakan serta kebersamaan antar anggota pramuka dan hal ini merupakan aplikasi dari roapering to success," lanjut kak Asep. (Benny K/MOTP)

Pramuka SMP ST Ursula Bandung : Adakan Perjalanan Jelajah Museum

Posted: 14 Mar 2015 02:04 AM PDT

Caption : Beberapa siswa putri SMP ST Ursula Bandung melihat-lihat koleksi filateli (prangko) langka di dalam salah satu ruang Pameran Museum Pos Indonesia, Jalan Cilaki Bandung, Sabtu (14/3/2015). Kegiatan yang diikuti sekitar 140 anggota Pramuka dari kelas 7 tersebut merupakan salah satu kegiatan kepramukaan yang diselenggarakan sekolah dalam bentuk perjalanan jelajah museum. Usai berkunjung ke Museum Pos Indonesia, selanjutnya mereka meneruskan perjalanan ke Museum sejarah Mandalawangsit Siliwangi di Jalan Lembong Bandung.

Berjalan dari halaman sekolah, sekitar 140 anggota Pramuka yang sebagian besar berasal dari kelas 7 SMP Santa Ursula Bandung mengadakan Perjalanan Jelajah Museum di mulai dari Museum Pos Indonesia hingga ke Museum Sejarah Mandalawangsit Siliwangi." Selain kegiatan fisik, kegiatan ini dimaksudkan juga untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan siswa tentang sejarah," ujar Kristiana Setiati selaku Pembina Pramuka Putri SMP ST Ursula Bandung saat ditemui MOTP di Museum Pos Indonesia, Jalan Cilaki Bandung, Sabtu (14/3/2015). Sebelumnya pada bulan Desember 2014, para siswa SMP ST Ursula sempat mengikuti Perkemahan Jumat-Sabtu-Minggu (Perjusami) di ARHANUT TNI AD dalam rangka pembinaan karakter siswa." Didalam perkemahan tersebut siswa belajar mengenai nilai-nilai kedisiplinan, kemimpinan dan sikap mental, selain itu, mereka juga bersama para anggota TNI AD mencoba belajar ketangkasan bongkar pasang senjata dan mencoba menaiki kendaraan TANK," lanjut kak Kristiani yang juga mengajar sebagai Guru IPS. Rencananya pada akhir tahun 2015 akan digelar kembali Perjusami dan lebih kearah pendidikan kepramukaan. Ditempat yang sama,  Tabita salah satu siswa dari kelas 7 B menyatakan kegiatan ini seru dan banyak ilmu pengetahuan yang di dapat." Manfaatnya banyak sekali, kita bisa bertambah wawasan ilmu pengetahuan tentang sejarah terutama sejarah perjuangan Siliwangi dan semoga kegiatan serupa bisa lebih seru," ujar Tabita. Usai mengunjungi Museum Pos Indonesia, para siswa yang didampingi beberapa Pembina Pramuka tersebut melanjutkan perjalanan ke Museum Sejarah Mandalawangsit Siliwangi di Jalan Lembong. (Benny K/MOTP)

 

 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google