Responsive Ads Here

Saturday, January 31, 2015

Aksi Peduli Lingkungan: 300 Pramuka Bali Tanam Pohon Bako Berjamaah di Sanur

Aksi Peduli Lingkungan: 300 Pramuka Bali Tanam Pohon Bako Berjamaah di SanurDenpasar—Sekitar tiga ratus anggota pramuka dari tingkat penggalang, penegak dan pandega melakukan aksi peduli lingkungan di sekitar pantai Mertasari Sanur, Denpasar, Bali (30/1). Datang sejak pagi pukul 06.00 WITA, para anggota pramuka dari berbagai gugusdepan di Denpasar itu dengan penuh semangat menanam pohon bako (mangrove) dan membersihkan limbah sampah yang ada di pantai Mertasari.
“Ini bukti kepedulian Pramuka terhadap lingkungannya. Saya bangga dengan aksi Pramuka Bali ini. Semoga kegiatan seperti ini bisa memberi manfaat dan kontinyu,” ujar Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, ketika membuka acara.
Hadir dalam acara “Pramuka Peduli Lingkungan: Tanam Mangrove di Pantai Mertasari-Sanur” ini, antara lain, Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta, Ketua Kwartir Daerah Ketut Wija, dan andalan Nasional Kwarnas seperti Olivia Zaliyanti, Adillah Yuswanti, Bayu Tresna, Achmad Mardiyanto, dan Luqman Hakim Arifin.
Menurut Adhyaksa yang juga langsung turun ke pantai dan menanam mangrove, anggota Pramuka tak hanya dituntut bisa bisa baris berbaris dan berkemah, tapi juga harus hadir dan berperan di masyarakat dengan memberikan social impact yang positif dan bermanfaat. Apalagi bagi pramuka Bali.
Adhyaksa berpendapat, Bali adalah pintu gerbang destinasi wisata Indonesia. “Orang bisa tahu Bali, tapi tidak kenal Indonesia. Ini menunjukkan kalau Bali merupakan wilayah yang sangat penting bagi Indonesia. “Lalu, apa jadinya kalau lingkungan Bali kotor dan tidak teratur? “Saya yakin masyarakat dan pemerintah Bali bisa menjawab tantangan ini,” tambahnya.
Senada dengan Adhyaksa Kwarda Bali, I Ketut Sudikerta, juga menegaskan arti penting peran anggota Pramuka Bali untuk mewujudkan lingkungan Bali yang lebih bersih dan hijau. Untuk itu, tidak cukup hanya aparat pemerintah yang menjaga dan membersihkan lingkungan, insan Pramuka pun harus ikut serta.
“Aksi ini juga terkait dengan program Bali Clean and Green. Agar Bali bersih dan hijau. Jadi kami akan melanjutkan gerakan ini. Tidak saja di Sanur, tapi juga di Kuta, Legian dan tempat-tempat lain. Semoga momentum ini dapat mengelorakan kegiatan lingkungan dari Pramuka,” jelasnya. ***
Kak Luqman Hakim Arifin 
Andalan Nasiona Kwarnas Gerakan Pramuka


Aksi Peduli Lingkungan: 300 Pramuka Bali Tanam Pohon Bako Berjamaah di SanurAksi Peduli Lingkungan: 300 Pramuka Bali Tanam Pohon Bako Berjamaah di Sanur


Aksi Peduli Lingkungan: 300 Pramuka Bali Tanam Pohon Bako Berjamaah di SanurAksi Peduli Lingkungan: 300 Pramuka Bali Tanam Pohon Bako Berjamaah di Sanur


Aksi Peduli Lingkungan: 300 Pramuka Bali Tanam Pohon Bako Berjamaah di Sanur

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google