Responsive Ads Here

Monday, September 15, 2014

Pramuka Kota Bandung

Pramuka Kota Bandung


Diklat Saka Wirakartika Kwarcab Kota Bandung 2014

Posted: 14 Sep 2014 02:55 AM PDT

Pemateri memberikan materi mengenai kepenegakkan kepada para peserta dihari pertama Diklatsar Satuan Karya Wirakartika Kwarcab Kota Bandung 2014, di Markas Besar Komando Daerah Militer (Makodim) 0618/BS, Jalan Bangka Bandung, Minggu (14/9/2014). Kegiatan yang dilaksanakan dari 14 September – 26 Oktober 2014 tersebut diikuti sekitar 50 anggota pramuka penegak se-kota Bandung.

Mewakili Komandan Daerah Militer (Dandim) 0618/BS, Kasdim 0618/BS Mayor ARH. Dian Musrianto, membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Satuan Karya Pramuka Wirakartika Kwartir Cabang Kota Bandung tahun 2014 di Markas Besar Komando Daerah Militer (Makodim) 0618/BS, Jalan Bangka Bandung, Minggu (14/9/2014). Kegiatan ini diikuti sekitar 50 anggota pramuka penegak se- Kota Bandung dari 14 September-26 Oktober 2014. Pamong Saka Wirakartika Kwarcab Kota Bandung Kapten TNI Ferry R Tulas kepada TP menerangkan, salah satu target lainnya dari diklat ini ialah menyiapkan anggota Saka Wirakartika dalam rangka membantu sebagian tugas anggota Babinsa di wilayahnya masing-masing." Dalam diklat ini, mereka juga akan diajarkan mengenai bela negara, karena bagaimana caranya para peserta di didik harus dapat menjadi seorang kader bangsa yang selanjutnya mampu terjun langsung membantu di masyarakat, contohnya seperti dengan program Pemerintah kota Bandung yakni peduli lingkungan dan mampu membantu sebagian tugas anggota Babinsa di wilayahnya masing-masing," ujar Kak Ferry yang berharap setiap anggota pramuka dapat menunjukkan eksistensinya kepada masyarakat
Materi yang diberikan kepada peserta pada diklat ini diantaranya : Bela Negara, kepemimpinan lapangan, Krida Saka Wirakartika, PBB, dan Ilmu kepramukaan. (TP)

Pembukaan Diklat Saka Bhayangkara Kwarcab Kota Bandung 2014

Posted: 14 Sep 2014 12:34 AM PDT

Kapolrestabes Bandung, Komisaris Besar Drs. Mashudi bertindak sebagai Pembina Upacara pada pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Satuan Karya Pramuka Bayangkara Kwartir Cabang Kota Bandung 2014 di lapangan Markas Besar Kepolisian Resort Kota Besar Bandung, Jalan Jawa No. 1 Bandung, Minggu (14/9/2014). Hadir dalam upacara tersebut perwakilan Kwarcab Kota Bandung, para Kapolsek se-kota Bandung, Kasat Binmas Polsek se-kota Bandung, dan sejumlah undangan lainnya.

Mulai dari 14-28 September 2014, sejumlah anggota penegak se-kota Bandung mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar Satuan Karya Pramuka Bayangkara Kwartir Cabang Kota Bandung 2014 yang dipusatkan di Markas Besar Kepolisian Resort Kota Besar Bandung. Bertindak sebagai Pembina Upacara dalam upacara pembukaan, Kepala Kepolisian Resort Kota Besar Bandung, Komisaris Besar Drs. Mashudi, di lapangan Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa No. 1 Bandung, Minggu (14/9/2014). Dalam amanat singkatnya Mashudi menginginkan agar anggota Saka Bayangkara bisa menjadi pelopor Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kambitbmas) di wilayahnya masing-masing." Diklat ini akan menjadi momen yang baik khususnya bagi Saka Bayangkara Kota Bandung dalam rangka mendidik dan membina generasi muda menjadi pribadi yang berbudi dan berjiwa Pancasila, karena itu, kesadaran akan pentingnya kebutuhan Pramuka Saka Bayangkara saat ini salah satunya guna mambantu sebagian tugas kepolisian yakni berperan dinamis sebagai pelopor kamtibmas di wilayahnya masing-masing," harap kak Mashudi yang dalam akhir amanat singkatnya kembali memerintahkan kepada setiap Kapolsek di 30 kecamatan se-kota Bandung untuk kembali membina secara rutin kegiatan Saka Bayangkara di masing-masing Polseknya terutama dalam rangka menghadapi Perkemahan Bakti (Perti) Saka Bayangkara se-Kota Bandung. Hadir dalam upacara pembukaan, perwakilan Kwarcab Kota Bandung, Kapolsek se-Kota Bandung, Kasat Binmas Polsek se-Kota Bandung, dan sejumlah undangan lainnya. Usai pelaksanaan upacara, kepada TP, Mashudi menerangkan, bentuk pembinaan lainnya kepada anggota Saka Bayangkara ialah agar kaum muda tidak mudah terjerumus pada kegiatan yang bersifat negatif. " Kita dari kepolisian melakukan upaya pembinaan supaya adik-adik pramuka ini tidak masuk kedalam kegiatan negatif, salah satu contohnya kenakalan remaja dan narkoba, karena itu, melalui Saka Bayangkara segala upaya itu mudah-mudahan dapat berjalan dengan baik," jelas kak Mashudi. Selain itu, dari segi materi diklat, kak Mashudi menambahkan, materi diklat yang disampaikan seluruhnya menyangkut tugas  kepolisian." Bagaimana peserta paham mengenai olah TKP, peraturan lalulintas, bantuan SAR, dan penanganan serta tindakan pertama pada satu kejadian sebelum petugas kepolisian datang, termasuk berpartisipasi dalam operasi ketupat, operasi Lilin, dan lain sebagainya," lanjut kak Mashudi. Dalam kesempatan serupa, kak Mahyudin mewakili Ka Kwarcab Kota Bandung berharap apa yang diinginkan Kapolrestabes Kota Bandung dapat terlaksana." Saka Bayangkara merupakan satuan pendidikan, karena itu, semoga apa yang menjadi keinginan Kapolrestabes Bandung dapat terlaksana dengan baik," harap kak Mahyudin.  (TP)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google