Responsive Ads Here

Wednesday, July 9, 2014

Adhyaksa Dault Lantik MABI dan PIN Saka Pariwisata Tingkat Kwarnas

Foto Bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Kementerian Republik Indonesia (Tengah)

Kak Adhyaksa Dault, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melantik dan mengkukuhkan Pengurus Majelis Pembimbing (Mabi) dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Pariwisata Tingkat Nasional Masa Bakti 2014-2019, jumat (4/7) pukul 16.30 WIB di Balairung Soesilo Soedarman, Kantor Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.
Sesuai Surat Keputusan (SK) Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 079 Tahun 2014 tentang Majelis Pembimbing  Satuan Karya Pramuka Pariwisata tingkat Nasional Masa Bakti 2014-2019 dan SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 080 Tahun 2014 tentang Pimpinan Satuan Karya Pramuka Pariwisata Tingkat Nasional masa bakti 2014-2019. Melantik dan mengukuhkan Kak Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI selaku Majelis Pembimbing (Mabi) Saka Pramuka Pariwisata dan Kak Danang Rifki Rachman, Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata selaku ketua Pimpinan Satuan Karya Pramuka Pariwisata Tingkat Nasional Masa Bakti 2014-2019.
Hadir sejumlah pimpinan Kwarnas Gerakan Pramuka, antara lain Kak Suriyadi, Waka Bidang Binamuda, Kak Rafli Effendi, Waka Bidang BUMGP, Kak Kodrat Pramudho, Waka Bidang Organisasi dan Hukum, Kak Achmad Rusdi, Waka Bidang Hubungan Luar Negeri, Kak Lidya Freyani Hawadi, Waka Bidang Binawasa,  Kementrian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, serta undangan di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.
“Betapa pentingnya Pariwisata dan Ekonomi Kreartif  bagi Gerakan Pramuka. Karena zaman era sekarang ini daya saing yang semakin kompetitif saya kira tidak ada jalan lain bagi kita untuk menggalakkan pariwisata kita dan juga ekonomi kreatif bagi anak-anak muda kita.” Ujar Kak Adhyaksa Dault dalam sambutannya.
Kami bahagia karena hari ini kita sudah melaksanakan pelantikan yang saya rasa ini memang sudah beberapa kali kita rencanakan dan akhirnya kita bisa laksanakan. Karena kami sangat berharap dan melihat potensi untuk peran dari pramuka untuk memajukan pariwisata maupun ekonomi kreatif.” Ujar Marie Elka selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Kita pahami bahwa visi kita untuk pariwisata sebetulnya bahasa kerennya yaitu sustainable tourism atau dalam bahasa Indonesia pariwisata yang berkelanjutan. Dan berkelanjutan artinya dalam arti lingkungan hidup, social, ekonomi dan budaya. Jadi bagaimana kita menjalankan pariwisata yang tidak merusak lingkungan, membahagiakan dan mensejahterakan secara ekonomi dari masyarakat setempat dan tidak merusak tatanan sosial atau merusak budaya setempat. Dan disinilah yang kita harapkan peran serta dari pramuka. Dan tentu sebagi tidak lanjut dari MoU antara Kemenparekraf dengan Kwarnas Gerakan Pramuka tentang peningkatan kemampuan anggota Gerakan Pramuka di bidang Kepariwisataan, maka kita membentuk satuan karya pariwisata yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian,peran dan partisipasi generasi muda khususnya melalui wadah pramuka yang dapat berperan aktif dalam kegiatan pembanguan di bidang kepariwisataan.” Pungkasnya.
Seperti kita ketahui Saka ini memilika 3 (tiga) krida, yakni Krida Pemandu Wisata, Krida Penyuluah pariwisata dan Krida Kuliner Wisata. Dan kita berharap bahwa tentunya akan bisa diciptakan yang lebih banyak lagi krida-krida yang lain maupun yang belum kita kembangkan adalah ekonomi kreatif.
Dinas Pariwisata provinsi yang telah membentuk saka pramuka pariwisata yang didukung oleh Kwarda dan Kwarcab Gerakan Pramuka antara lain provinsi Lampung, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Bali, Kalteng, NTT, dan Kalimantan Timur yang diikuti dengan pembentukan Saka Pramuka di 57 di tingkat Kwarcab (Kab/Kota).



Sumber Berita: www.disbudpar.kaltimprov.go.id


http://disbudpar.kaltimprov.go.id/berita-adhyaksa-dault-lantik-mabi-dan-pin-saka-pariwisata-tingkat-kwarnas.html#.U7t7Iwav-kI.facebook#ixzz36wPv9OsO

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google