Responsive Ads Here

Sunday, June 22, 2014

PERESMIAN KANTOR BARU WORLD SCOUT BUREAU, KUALA LUMPUR

PERESMIAN KANTOR BARU WORLD SCOUT BUREAU, KUALA LUMPUR
Pembukaan kantor baru World Scout Bureau (WSB), yang merupakan pusat pengelolaan kegiatan Organisasi Gerakan Pramuka se Dunia atau World Organization of Scout Movement (WOSM), di Kuala Lumpur dilaksanakan pada 18 Juni 2014, oleh Perdana Menteri Malaysia Dato' Sri Mohd. Najib bin Tun Abd. Razak.

Pada peresmian ini Gerakan Pramuka dihadiri oleh Kak Kodrat Pramudho, Waka Kwarnas Bidang Organisasi dan Hukum mewakili Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Indo Reyano Samili, Andalan Nasional Gerakan Pramuka Hubungan Luar Negeri bersama 2 orang anggota APR Sub-Committee dari Gerakan Pramuka, yaitu Kak Brata Tryana Harjosubro (Vice Chairman, Asia-Pacific Regional Scouting Profile Sub-Committee) dan dan Kak Susi Yuliati Madjid (Member , Asia-Pacific Regional Finance Sub-Committee).
Kantor WOSM yang sebelumnya kantor berlokasi di Geneva, Swiss. Relokasi kantor WSB dari Geneva ke Kuala Lumpur ini menandai sejarah baru perkembangan Gerakan Pramuka (Scout Movement) se Dunia, yang sebelumnya sempat menuai kritikan karena biaya operasi kantor yang tinggi di Swiss, serta lokasinya sangat jauh dari negara-negara anggota atau NSO (National Scout Organisation) yang memiliki jumlah anggota terbanyak di dunia, seperti Indonesia, India, Pakistan, Bangladesh, Filipina dan Thailand. Kantor WOSM memiliki kapasitas untuk tempat 30 anggota staf dari beberapa negara, yang akan mendukung 162 Organisasi se-Dunia yang merupakan anggota WOSM.
Dari sekitar 40 juta anggota WOSM, hampir 80 % berasal dari regional Asia-Pasifik. Gerakan Pramuka Indonesia adalah yang terbanyak anggotanya, hampir 20 juta. Dengan relokasi kantor WSB dari Eropa ke Asia ini diharapkan kebijakan Gerakan Pramuka (Scout Movement) se- Dunia akan lebih didasarkan pada pemahaman terhadap kondisi dan kebutuhan nyata dari NSO-NSO yang memiliki banyak anggota dan otomatis membayar iuran anggota lebih besar, karena iuran WOSM dihitung berdasarkan jumlah anggota.
Dengan adanya kantor baru di Kuala Lumpur, jaringan komunikasi global kantor WSB semakin diperluas untuk 8 lokasi di seluruh dunia yaitu - Brussels, Kairo, Jenewa, Kiev, Kuala Lumpur, Manila, Nairobi dan Panama City , sehingga hubungan WSB menjadi lebih dekat dengan negara-negara anggota atau NSO.
Dalam Sambutannya Sekjen WOSM, Scott Teare mangatakan "Gerakan Pramuka adalah gerakan berbasis relawan dan relawan adalah sumber dari organisasi, kita perlu lebih banyak orang untuk meningkatkannya, terutama relawan anggota dewasa untuk memastikan bahwa organisasi kepramukaan ini tumbuh terus ,dari 40 juta anggota hari ini diharapkan bertambah menjadi lebih dari 100 juta anggota dalam waktu 10 tahun ke depan, "kata Teare.
(Text : Ynt, Sember : Release WOSM
Info dan Foto kiriman : Kak Brata TH)


Sumber:
https://www.facebook.com/kwarnas?ref=stream

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google