Responsive Ads Here

Wednesday, January 15, 2014

Tantangan Baru Pengurus Pramuka

"Pengurus daerah perlu memacu cabang agar konsisten menyelenggarakan kegiatan, bahkan meningkatkan"

Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Tengah dalam bulan ini secara resmi mempunyai pengurus baru. Kepengurusan yang merupakan hasil musda 2013 itu diagendakan dilantik oleh Gubernur Ganjar Pranowo, selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka.

Kepengurusan masa bakti 2013-2018 itu membawa banyak harapan bagi anggota untuk berbuat lebih baik lagi. Komposisi kepengurusan diisi mereka yang benar-benar ahli dalam bidang masing-masing. Sebagian adalah personel lama yang masuk dalam kepengurusan baru guna kesinambungan.

Sebanyak 79 personel dalam kepengurusan itu diharapkan bisa mengatasi sejumlah permasalahan kepramukaan di Jawa Tengah. Terlebih belum lama ini, Jateng meraih gelar terhormat sebagai kwarda tergiat se-Jawa, dan se-Indonesia. Tantangan bagi pengurus baru adalah mempertahankan predikat itu dalam 5 tahun ke depan.

Kegiatan yang diadakan Kwarda Jateng sudah sejak lama menjadi barometer kegiatan kepramukaaan bagi provinsi lain. Jawa Tengah dengan 35 kwartir cabang (kwarcab) di kabupaten/kota dikenal memiliki banyak kegiatan. Kegiatan yang menjadi kekhasan, antara lain Estafet Tunas Kelapa (ETK).

Masyarakat lebih akrab dengan istilah gerak jalan cikal, yang biasanya diadakan tiap menjelang peringatan Hari Pramuka tingkat regional. Kegiatan itu melibatkan ribuan anggota, ditambah partisipasi dari masyarakat dan pemda. Secara beranting peserta ETK berjalan melewati 14 titik di Jateng menuju ke satu titik tujuan tempat pelaksanaan upacara Hari Pramuka.

Kegiatan lain yang juga menjadi kekhasan adalah lomba kwartir, menyangkut antara lain  lomba kerapihan dan ketertiban administrasi kegiatan tingkat regional. Kegiatan rutin ini  memacu tiap cabang untuk lebih tertib melaksanakan aktivitas kepramukaan, terutama aspek  administrasi.

Predikat sebagai juara yang tergiat tingkat nasional, memang membuat gembira pengurus dan anggota Pramuka di Jateng. Namun hendaknya capaian itu tidak membuat jajaran pengurus terjebak euforia berkepanjangan. Mau tidak mau, pengurus dan anggota harus segera bersiap menjawab tantangan ke depan.

Pengurus perlu terus memacu cabang-cabang agar konsisten menyelenggarakan kegiatan, bahkan meningkatkannya. Situasi dinamis yang selama ini sudah berjalan dengan baik harus dipertahankan. Bahkan tantangannya adalah dengan meningkatkan kualitas, bukan hanya kuantitas.

Mempertahankan Gelar Untuk itu pengurus diharapkan bisa lebih kreatif merencanakan dan melaksanakan kegiatan. Yang patut diingat adalah bahwa mempertahankan gelar juara tentu lebih berat dibanding  upaya awal untuk meraihnya. Logikanya adalah kwarda provinsi lain pasti juga berkeinginan menjadi juara.

Bagi Kwarda Jateng hal itu tentunya tidaklah menjadi masalah. Karena bisa membagi ide dengan Kwartir Daerah yang lain bukanlah sesuatu yang menakutkan, bahkan bisa menjadi tantangan tersendiri.  Karena  itu perlu segera menyusun strategi yang lebih jitu dan langkah-langkah konkret pelaksanaan.

Tentu saja kegiatan yang diselenggarakan tidaklah semata-mata mengejar target supaya bisa kembali meraih predikat tergiat. Pengurus perlu mendasarkan kepentingan guna melatih anak didik, dari tingkat siaga hingga pandega.  Demikian juga kegiatan yang khusus diperuntukkan bagi para pembina, pelatih, dan andalan. 

Tidak saja banyak secara jumlah tetapi juga menyangkut banyak ragam kegiatan. Hal itu akan menjadi modal besar bagi Jawa Tengah sebagai bahan penilaian berikutnya. Partisipasi Jawa Tengah pada kegiatan yang berskala nasional pun tak hanya sekali tetapi berkali-kali. Meskipun demikian kwarda tak boleh lengah, tetap harus berbenah. Pengurus baru perlu menciptakan berbagai macam kegiatan baru, dengan demikian secara otomatis ada penambahan jumlah kegiatan. Hal itu akan menghadirkan optimisme bahwa dalam 5 tahun ke depan, Jateng tetap tergiat. (10)

— Dicky Hendra Hafiz, staf Bidang Humas dan Pengabdian Masyarakat Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Tengah

suaramerdeka.com

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google