Responsive Ads Here

Sunday, September 29, 2013

Kwarcab Gerakan Pramuka Muba Gelar Lomba Pramuka Berprestasi 2013

Sekayu, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Musi Banyuasin mengadakan berbagai perlombaan dalam memeriahkan HUT ke-52 Gerakan Pramuka Tahun 2013, salah satu di antaranya adalah lomba pramuka berprestasi tingkat Kwarcab.
Lomba yang berlangsung di sekretariat Kwarcab Gerakan Pramuka Musi Banyuasin, pada 6-7 September 2013, kini telah memasuki penilaian akhir seleksi cabang dengan peserta berasal dari 14 kwartir ranting (kwarran), meliputi siaga, penggalang dan penegak masing-masing satu putra dan satu putri.
Tujuan penyelenggaraan lomba pramuka berprestasi adalah untuk mencari anggota pramuka yang selain aktif dalam kegiatan kepramukaan juga berprestasi secara akademis dan non akademis, serta membentuk generasi muda Kabupaten Muba yang bertakwa, mandiri, memiliki rasa kepedulian yang tinggi dan berprestasi.
Meraih predikat pramuka berprestasi tidaklah mudah, karena harus memenuhi berbagai Kriteria persyaratan, di antaranya berkelakuan baik dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah, selaku Ka Mabigus Gerakan Pramuka atau melampirkan SKCK dari kepolisian setempat.
Se;ain itu, sehat jasmani dan rohani, merupakan pramuka yang aktif, berprestasi dalam pendidikan formal dengan nilai rata-rata 7,5 atau IPK minimal 3,2, serta memiliki prestasi lainnya diluar kegiatan pramuka.
Syarat khusus di antaranya untuk siaga usia 7-10 tahun, penggalang usia 11-15 tahun, penegak/ pandega usia 16-20 tahun dan usia 21-25 tahun, menjadi contoh yang baik (dalam kegiatan kepramukaan, di rumah, di sekolah atau di lingkungan pergaulannya sesuai dengan isi Dwi Satya dan Dwi Dharma), dan memiliki tanda kecakapan khusus.
Peserta akan dinilai oleh tim juri yang memiliki kompetensi dalam bidang kepramukaan, keolahragaan, kesenian dan akademisi.
Menuruti Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Muba Dicky Meiriando SSTP MH, para peserta lomba pramuka berprestasi ini sudah memasuki tahap penilaian terakhir untuk menentukan juara I, II, dan III.
Dewan juri akan melakukan penilaian akhir melalui wawancara mendalam, verifikasi berkas administrasi, kemampuan bahasa asing, performance, scouting skill dan personality. “Bagi yang terpilih menjadi juara I, berpeluang untuk mengikuti perlombaan pramuka tingkat daerah dan nasional,” ujarnya.
Penyerahan penghargaan kepada Pramuka Berprestasi yang terpilih akan dilaksanakan pada acara peringatan HUT Pramuka ke-52 tahun 2013 di Kabupaten Musi Banyuasin tanggal 10 September 2013 mendatang.

Sumber : http://infopublik.kominfo.go.id/read/54410/www.apec2013.or.id

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google