PENDAHULUAN
Sebagai seorang penjelajah yang baik, seseorang harus menguasai berbagai ilmu pendukung. Salah satu dari diantaranya ialah Navigasi atau ilmu tentang cara – cara untuk menentukan atau mengarahkan suatu perjalanan atau misi dari satu titik pemberangkatan ke titik tujuan dengan cara aman dan seefisien mungkin.
Navigasi darat adalah sebagian dari ilmu navigasi yang dalam prakteknya selalu mengunakan alat Bantu peta dan kompas.dalam materi ini akan diutarakan mengenai :
1. Pengertian peta topografi
2. Pengertian kompas
3. Teknik pengunaan peta kompas
PETA
Yang dimaksud peta ialah gambaran dari permukaan bumi yang diperkecil dengan skala tertentu sesuai dengan kebutuhan. Peta digambarkan diatas bidang datar dengan sistem proyeksi tertentu.
Peta yang digunakan dalam kegiatan alam bebas adalah peta topografi, karena peta topografi mengambarkan secara proyeksi sebagian fisik bumi. Sehingga dengan memperhatikan peta topografi seseorang dapat memperkirakan bentuk permukaan dari bumi yang akan dihadapi dilapangan.
Dalam mengunakan peta topografi juga harus diperhatikan dalam pengunaannya, karena kelengkapan peta tersebut merupakan petunjuk bagi pemakai peta tersebut. Adapun kelengkapan peta topografi adalah sebagai berikut :
1. Judul Peta
Adalah identitas mengenai peta tersebut antara lain Nama Peta/Daerah atau identitas lain yang menonjol.
2. Keterangan Pembuatan
Merupakan semua keterangan mengenai pembuatan dan instansi pembuat peta, dicantumkan pada bagian kiri bawah dari peta.
3. Nomor Peta
Angka yang menunjukkan nomor peta yang dicantumkan pada sudut kanan atas dari peta.
4. Pembagian Lembar Peta
Nomor – nomor yang digunakan untuk tujuan mempermudah pengolongan peta bila memerlukan interprestasi suatu daerah yang lebih luas, dicantumkan disudut kanan bawah dari peta.
5.Sistim Koordinat
Pada peta topografi dikenal dengan sistem koordinat, yaitu perpotongan antara dua garis sumbu. Adapun koordinat yang biasa atau resmi digunakan adalah :
a.Koordinat geografis
Sumbu yang digunakan adalah garis bujur ( BB dan BT ), yang - dengan ? kontur; non garis lintang ( LU dan LS ). Yang sejajar dengan ? dinyatakan dalam derajad menit dan detik.
b.Koordinat Grid
Perpotongan antara sumbu Opsis ( X ) dengan Ordinat ( Y ) pada koordinat grid, kedudukan suatu titik dinyatakan dalan ukuran jarak (meter); sebelah selatan ke Utara dan Barat ke Timur dari sumbu acuan.
Skala bilangan dari kedua system koordinat diatas (geografis dan grid) terletak di tepi peta. Kedua sistim koordinat yang berlaku Internasional tersebut sering membingungkan, karena memang kedua system itu tidak mudah dipahami. Oleh karena itu pembacaan koordinat dibuat sederhana (tidak dibaca seluruhnya).
Misalnya : 72100 mE dibaca 21, 909700 mN dibaca 97 dan seterusnya.
c.Koordinat local
Untuk memudahkan dalam membaca koordinat (pada peta yang tidak ada gridnya). Dapat dibuat garis – garis seperti grid peta. Perlu diingat dalam mengunakan koordinat local, semua unsur yang terlibat mesti diseragamkan dan untuk menghindari kekacauan.
6. Skala
Adalah perbandingan jarak dipeta dengan jarak horizontal sebenarnya dimedan (lapangan)
7. Orientasi Arah Utara
Pada peta topografi terdapat tiga arah Utara yang harus diperhatikan sebelum mengunakan peta dan kompas. Karena tiga arah Utara tersebut tidak berada pada satu garis, Tiga arah Utara tersebut adalah :
Pada peta topografi terdapat tiga arah Utara yang harus diperhatikan sebelum mengunakan peta dan kompas. Karena tiga arah Utara tersebut tidak berada pada satu garis, Tiga arah Utara tersebut adalah :
ØUtara sebenarnya ( True North ) US/TN diberi symbol ( * ) bintang , yaitu utara yang melalui kutub utara di selatan bumi.
ØUtara peta (Grid North) UP/GN diberi symbol GN, yaitu utara yang sejajar dengan garis jala (sumbu Y).
ØUtara magnitis (Magnitis North) UM
Karena ketiga arah utara tersebut tidak berada pada satu garis, maka akan terdapat penyimpangan – penyimpangan sudut :
a.Penyimpangan sudut antara US-UP disebut Iktilat Peta (IP) atau konvegensi merimion.
b.Penyimpangan sudut antara US-UM disebut Iktilat Magnitis (IM) atau Deklinasi.
c.Penyimpangan sudut antara UP-UM disebut sudut peta magnet (SPM) atau Deviasi. Dalam peta biasa ditulis GM Angle (Grid Magnetic Angle).
Dalam mengunakan peta dan kompas harus diperhatikan tiga arah utara tersebut (ada perhitungan koreksi arah) untuk lintasan – lintasan yang relative pendek diabaikan. Tetapi variasi magnetisnya harus diperhatikan.
a.Penyimpangan sudut antara US-UP disebut Iktilat Peta (IP) atau konvegensi merimion.
b.Penyimpangan sudut antara US-UM disebut Iktilat Magnitis (IM) atau Deklinasi.
c.Penyimpangan sudut antara UP-UM disebut sudut peta magnet (SPM) atau Deviasi. Dalam peta biasa ditulis GM Angle (Grid Magnetic Angle).
Dalam mengunakan peta dan kompas harus diperhatikan tiga arah utara tersebut (ada perhitungan koreksi arah) untuk lintasan – lintasan yang relative pendek diabaikan. Tetapi variasi magnetisnya harus diperhatikan.
8. Garis Kontur/Garis Ketinggian
Merupakan gambaran bentuk permukaan bumi yang sama tinggi yang diukur dari permukaan laut.
Sifat – sifat garis kontur:
a. Garis kontur selalu merupakan kurva tertutup sejajar dan tidak akan memotong satu sama lain
b. Garis kontur yang didalam selalu lebih tinggi dibanding yang diluar.
c. Interval kontur selalu merupakan kelipatan sama
d. Indeks kontur diratakan dengan garis tebal
9. Legenda Peta
Adalah informasi tambahan untuk memudahkan interprestasi peta. Baik itu unsur yang dibuat manusia maupun alam
Legenda peta yang penting untuk dipahami antara lain:
Titik ketinggian
Jalan setapak
Garis batas wilayah
Jalan raya
Air
Pemukiman
Kuburan
MEMAHAMI PETA TOPOGRAFI
1. Membaca Garis Kontur
a. Punggungan Gunung
Punggungan gunung merupakan rangkaian garis kontur berbentuk huruf “U” ujung dari huruf U menunjukkan tempat atau daerah yang lebih pendek dari kontur diatasnya.
b. Lembah/Sungai
Lembah/Sungai merupakan rangkaian garis kontur yang berbentuk “n”
c. Daerah landai/datar dan terjal/curam
d. daerah datar garis konturnya jarang-jarang. Daerah terjal garis konturnya rapat-rapat
2. Menghitung Harga Interval Kontur
Bila harga interval kontur tidak dicantumkan pada peta,maka harus dihitung :
a. Cari dua titik ketinggian yang berbeda (berdekatan). Sebet saja pertama adalah A dan titik kedua adalah B dalam hal ini titik A dan B diketahui.
b. Hitung selisih ketinggian A dan B.
c. Hitung jumlah kontur dari A sampai B.
d. Bagilah selisih A-B dengan jumlah kontur A-B, hasilnya adalah interval kontur.
3. Utara Peta
Setiap kali menghadapi peta topografi pertama-tama carilah arah utara dari peta itu; selanjutnya disebut utara peta.
Cara menentukan utara peta:
a. Lihat judul peta. Judul peta selalu ada pada Utara peta (bagian atas dari peta)
b. Lihat tulisan nama gunung dan desa di dalam peta. Utara peta adalah bagian atas peta tersebut.
4. Mengenal Tanda Medan
Beberapa tanda medan dapat dibaca sebelum berangkat kelapangan, dan carilah dilapangan.
Tanda-tanda medan antara lain :
Beberapa tanda medan dapat dibaca sebelum berangkat kelapangan, dan carilah dilapangan.
Tanda-tanda medan antara lain :
a. Lembah antara dua puncak
b. Lembah yang curam.
c. Ujung desa atau persimpangan jalan.
d. perpotongan sungai dengan jalan setapak
e. Percabangan sungai, belokan sungai, air terjun, dan lain-lain.
Untuk daerah yang datar dapat digunakan :
a.Persimpangan jalan
b.Percabangan sungai, jembatan dll.
Gunakan bentang-bentang atau bentuk alam yang menyolok dilapangan dan mudah ditemukan/dikenal dipeta. Tanda medan mutlak harus dipahami karena sangat menunjang dalam orientasi.
5. Menggunakan Peta
Pada perencanaan perjalanan dengan menggunakan Peta Topografi sudah tentu titik awal dan akhir akan diplot di peta. Sebelum berjalan catatlah :
a. Koordinat titik awal (A)
b. Koordinat titik tujuan (B)
c. Sudut peta AB
d. Tanda medan apa saja yang akan dijumpai sepanjang lintasan AB
e. Berapa lintasan AB dan berapa kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan lintasan A sampai B tersebut
a. Koordinat titik awal (A)
b. Koordinat titik tujuan (B)
c. Sudut peta AB
d. Tanda medan apa saja yang akan dijumpai sepanjang lintasan AB
e. Berapa lintasan AB dan berapa kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan lintasan A sampai B tersebut
6. Membaca Koordinat
Pada koordinat grid harga koordinat adalah perpotongan antara sumbu (X) dan (Y).Cara menyatakan koordinat :
a. Cara 6 angka misalnya koordinat titik A (234 ; 622), B (237 ; 461)
b. Cara 8 Angka misalnya koordinat titk A (3740 ; 6225), B (3776 ; 6417). Cara 8 angka lebih akurat dibanding 6 angka.
8. Mengatur Jarak atau Panjang Lintasan
a. Panjang lintasan datar
Ukur panjang lintasan dengan mistar, untuk lintasan yang berbelok dapat mengunakan benang yang kemudian diukur dengan mistar.
b. Panjang lintasan sebenarnya
Peta dibuat penampang dengan jalan menyayat (skala vertical dan horizontal) harus disesuaikan dengan skala peta. Gambar sayatan lintasan A – B tersebut memperlihatkan kemiringan dan juga penampang bentuk peta. Ukuran panjang lintasan dengan mengalikannya dengan skala maka didapat jarak sebenarnya.
9. Membuat rencana perjalanan diatas peta tidak begitu sukar, yang perlu diingat karena dilapangan nanti anda akan berhadapan dengan kondisi alam yang nyata. Perhatikan sifat – sifat kontur dan legenda peta.
Sumber : http://scoutupi.blogspot.com/2013/01/pengetahuan-peta-dan-kompas.html
No comments:
Post a Comment
Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google