Responsive Ads Here

Monday, July 15, 2013

390 Peserta Meriahkan Jambore Cabang ke-12 Di Purworejo

Jambore Nasional


PURWOREJO-  Acara Jambore Cabang ke-12 tahun 2013 yang di gelar Kwartir Cabang (KWARCAB) Purworejo yang di buka pada (26/6) kemarin di Bumi Perkemahan Puntuk Arga Putra Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Purworejo berhasil diikuti 390 peserta perwakilan dari 22 Gugus Depan (Gudep) yang berpangkal di SMP/MTs Negeri dan Swasta di Purworejo.


Jambore yang dilaksanakan selama empat hari, hingga Sabtu (29/6) mendatang ini di dihadiri oleh 160 peserta perempuan dan laki-laki mencapai 168 anak, pimpinan kontingen sebanyak 21 orang, dan pembina pendamping ada 41 orang.


Saat pembukaan Jambore Cabang, hadir Komandan Kodim 0708 Letkol Inf Arry Sundoro SSos, Kapolres AKBP Roma Hutajulu SIK MSi, dan Sekda Drs Tri Handoyo MM.


“Pembukaan Jambore dilakukan hari ini (kemarin, Red) ditandai upacara bendera dan pelepasan burung di komplek bumi perkemahan Arga Putra,” kata Ketua panitia Rr Budi Prasetyawati SPd MPd di sela pembukaan Jambore kemarin (26/6).


Prasetyawati melanjutkan, panitia jambore meliputi unsur pimpinan, andalan Binamuda, Humas, dan Abdimas, serta dewan kerja cabang yang berjumlah 35 orang. Jambore cabang rutin yang digelar setiap empat tahun sekali, sesuai amanat musyawarah cabang dalam rangka pencapaian tujuan gerakan pramuka.


Tujuan jambore adalah menumbuhkan rasa kebangsaan yang ber-Bhineka Tunggal Ika, nasionalisme, mewujudkan manusia Indonesia yang berkualitas keimanan dan ketakwaan, kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berjiwa Pancasila.


Menurut Prasetyawati, kegiatan jambore sangat baik untuk membangun semangat keterbukaan dalam bersikap, menanamkan mental yang kuat, kepercayaan diri yang positif, memberi tambahan pengalaman, dan keterampilan yang berguna bagi anggota.


“Tema jambore cabang adalah meningkatkan kesatuan dan persatuan generasi muda yang berkarakter. Dasar kegiatan adalah UU RI Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, AD/ART Gerakan Pramuka, Hasil Muscab tahun 2008, dan Program Kerja Kwarcab Purworejo tahun 2013,” bebernya.(Ari/jmy)


View the original article here

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google