Responsive Ads Here

Tuesday, April 30, 2013

Definisi dari LEADERSHIP



Kepemimpinan adalah "proses timbal balik memobilisasi oleh orang dengan motif-motif tertentu dan nilai-nilai, berbagai sumber daya ekonomi, politik dan lainnya dalam konteks persaingan dan konflik, dalam rangka mewujudkan tujuan secara mandiri atau bersama yang diselenggarakan oleh kedua pemimpin dan pengikut" (James MacGregor Burns, Leadership. New York: Harper & Row, 1978, p. 425).

Dalam Bahasa Indonesia Leadership artinya Kepemimpinan.
Ada banyak Tokoh yang mendefinisikan apa itu Kepemimpinan, diataranya:

"Kepemimpinan adalah hubungan pengaruh antara pemimpin dan pengikut yang berniat perubahan nyata yang mencerminkan tujuan bersama mereka" (Joseph C. Rost, Leadership for the Twenty-First Century. New York: Praeger, 1991).

"Kepemimpinan adalah suatu proses dimana anggota kelompok diberi wewenang untuk bekerja sama secara sinergis menuju tujuan bersama atau visi yang akan menciptakan perubahan, mengubah lembaga-lembaga, dan dengan demikian meningkatkan kualitas hidup" (Helen S. Astin and Carole Leland, Women of Influence, Women of Vision: A Cross-Generational Study of Leaders and Social Change. San Francisco: Jossey-Bass, Inc., 1991, p. 8).

"Kepemimpinan adalah memobilisasi orang untuk mengatasi masalah sulit" (Ronald Heifetz, Leadership Without Easy Answers. Cambridge, MA: Belknap Press, 1994, p. 15).

"Tampak bahwa ketika para pemimpin sepenuhnya berkomitmen untuk penyebab dan menuntut hal yang sama dari para pendukung, keasliannya magnetizes pendukung dan menyatu dedikasi mereka" (Jean Lipman-Blumen, The Connective Edge. San Francisco: Jossey-Bass, Inc., 1996, p. 245).

"Kepemimpinan adalah proses relasional dan etika orang bersama-sama berusaha untuk mencapai perubahan positif" (Susan Komives, Nance Lucas & Tim MacMahon, Exploring Leadership: For College Students Who Want to Make a Difference. San Francisco: Jossey-Bass, Inc., 1998/2006, p. ix).

"Mereka yang akan berlatih kepemimpinan yang efektif harus berlatih tingkat tinggi imajinasi, pragmatisme, dan kepercayaan, tanpa terjerumus kenaifan" (Sharon Daloz Parks, Leadership Can Be Taught. Boston: Harvard Business School Publishing, 2005, p. 3).

"Kita sekarang melihat kepemimpinan sebagai proses mempengaruhi, baik terlihat dan tak terlihat, dalam masyarakat diwariskan, dibangun, dan dianggap sebagai interaksi orang dalam manusia (dan tidak manusiawi) kondisi ketimpangan-interaksi diukur dengan nilai-nilai etika dan moral dan dengan tingkat realisasi dimaksud, komprehensif, dan perubahan tahan lama "(James MacGregor Burns as quoted in George R. Goethals and Georgia L.J. Sorenson, eds. The Quest for a General Theory of Leadership. Cheltenham, UK: Edward Elgar, 2006, p. 239).

"Seorang pemimpin yang efektif membutuhkan keterampilan kreatif dan disposisi untuk datang dengan ide-ide, keterampilan akademik, dan disposisi untuk memutuskan apakah mereka adalah ide-ide yang baik, keterampilan praktis, dan disposisi untuk membuat ide-ide bekerja dan meyakinkan orang lain dari nilai gagasan, dan kebijaksanaan berbasis kecakapan dan disposisi untuk memastikan bahwa ide-ide dalam pelayanan kepentingan umum bukan hanya kebaikan pemimpin atau mungkin beberapa klik dari anggota keluarga atau pengikut "(Robert J. Sternberg, “A Systems Model of Leadership.” American Psychologist, 62.1, 2007, p. 40).

"Seorang pemimpin tidak selalu orang yang memegang beberapa jabatan formal kepemimpinan atau yang dianggap sebagai pemimpin oleh orang lain. Sebaliknya, pemimpin adalah orang yang mampu mempengaruhi perubahan yang positif untuk kemajuan orang lain, masyarakat, dan masyarakat. Semua orang, dengan kata lain, adalah pemimpin potensial. Selain itu, proses kepemimpinan tidak dapat dijelaskan hanya dalam hal perilaku individu, melainkan kepemimpinan melibatkan hubungan kolaboratif yang mengarah pada aksi kolektif didasarkan pada nilai-nilai bersama orang-orang yang bekerja sama untuk perubahan positif "(Higher Education Research Institute; University of California, Los Angeles).

"Kewajiban terbesar seorang pemimpin adalah untuk memungkinkan suatu lingkungan di mana orang dapat bercita-cita untuk mengubah dunia" (Carly Fiorina, former CEO of Hewlett-Packard).

Menurut anda sendiri definisi Kepemimpinan itu apa???

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google