Responsive Ads Here

Friday, April 6, 2012

SEBUAH KISAH PERJALANAN DARI SAKA BAHARI BALI DI SEBATIK

Hari pertama, Sabtu 7 Januari 2012 pukul 09.00 WITA kami sampai di pelabuhan Pulau Sebatik mengunakan kapal LCU 990-01, lalu kami menuju ke bumi perkemahan batu lamampau menggunakan truk dan disambut seluruh siswa dan masyarakat di pulau sebatik. Pada pukul 10.00 WITA Kontingen Kwarda Bali tiba di bumi perkemahan dan langsung mendirikan tenda meskipun duguyur hujan gerimis. Setelah itu istirahat siang dan menikmati makan siang dengan makanan khas Kabupaten Nunukan.

Pada pukul 17.00 WITA kami melaksanakan persembahyangan bersama di tempat suci yang bernamakan Batu Lamampau di Pulau Sebatik. Malam hari dihangatkan oleh penampilan dari elektronik musik dan group band.

Kesesokan harinnya paada Minggu, 8 Januari 2012 pada pukul 05.00 WITA diadakan olahraga pagi secara bersama-sama di tepi pantai dan dilanjutkan dengan latihan tari kolosal. Kemudian mandi dan makan pagi dan persiapan Upacara Pembukaan Perkemahan Bakti Saka Bahari Tingkat Nasional Tahun 2011. Pukul 09.00 WITA Upacara Bhineka Tunggal Ika dan Pembukaan di mulai. Upacara tersebut dipimpin oleh Kamabicab Nunukan. Setelah makan siang dan istirahat sejenak tepat pada 14.00 WITA kegiatan pun di mulai sesuai dengan rotasi yang dibagikan dimasing-masing umpi, seperti ceramah umum, bakti perbaikan sekolah, penanaman pohon mangrove, pembuatan sumur bor dan lain-lain.

Malam hari setelah makan malam, acara pentas seni Kontingen Kwarda Bali mendapatkan undian menampilkan kreasinnya dan sekaligus memperoleh penghargaan juara 2 sebagai sporter terbaik.

Tidak kalah hebohnnya, pada hari Senin 9 Januari 2012 di pagi hari, setelah hari pramuka, kami berlatih tari kolosal secara serentak, lalu dilanjutkan dengan kegiatan rotasi yang telah ditentukan oleh panitia. Kegiatan ini berlangsung sampai dengan sore, ketika malam tiba kebali diadakan pentas seni dan yang pentas masing-masing kwarda yang mendapatkan undian pada hari itu.

Pada puncak acara tepatnya pada hari Selasa, 10 Januari 2012 setelah olahraga pagi, kami langsung persiapan gladi bersih Upacara Penutupan Bhineka Tunggal Ika dan Perkemahan. Upacara penutupan Bhineka Tunggal Ika dan perkemahan resmi ditutup oleh Kamabida Kalimatan Timur. Dalam acara ini ada pementasan Tari Kolosal oleh 1000 orang peserta pramuka dan tari daerah setempat oleh siswa kabuapten Nunukan. Selain itu, ada pengibaran bedera 1000 m2 oleh 1000 orang pramuka.

Sore hari mengadakan acara mandi bersama di pantai Batu Lamampau diikuti oleh seluruh peserta perkemahan termasuk Pembina dan Panitia Perkemahan. Malam hari pun diadakan pentas seni terahir dan dilanjutkan dengan api unggun dan dimeriahkan dengan pesta kembang api.

Hari terahir Rabu, 11 Januari 2012 pagi pukul 05.00 WITA bangun pagi langsung bongkar tenda dan pengecekan barang pribadi maupun kontingen. Disamping itu, setelah sarapan pagi kita melaksanakan pembersihan massal. Pada pukul 08.00 WITA tiba saatnya kita berpisah meninggalkan bumi perkemahan Batu Lamampau Pulau Sebatik dan diantar oleh truk setempat menuju pelabuhan, yang telah ditunggu oleh LCU 990-01. Pada 10.00 WITA kami telah tiba di KRI dr. Soeharso 990.

By. Sangga Pendobrak (Artaya Honest)
Source: Kak Ha Te

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google