Responsive Ads Here

Thursday, March 1, 2012

Kwarda Kepulauan Riau Siap Mengikuti Raimuna Nasional ke-X

Sekitar 110 Anggota Gerakan Pramuka Penegak dan Pandega akan mewakili Kwarda Gerakan Pramuka  Kepulauan Riau (Kepri) siap mengikuti  kegiatan Raimuna Nasional (Rainas) ke-X Tahun 2012 di Papua, Juli mendatang. Hal itu disampaikan Ketua Kwarda Kepri, Dr. Drs. H. Suhajar Diantoro, M, Si saat di temui di kantor Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Jalan Merdeka Timur No. 6 Jakarta.

Pada kunjungannya kali ini Kak Hajar yang juga menjabat sebagai Sekretaris Pemerintah Daerah Provinsi Kepri menyampaikan beberapa hal terbaru kepada Ketua Kwarnas, diantaranya mengenai keikutsertaan Kwarda Gerakan Pramuka Kepri pada Rainas ke-X di Papua.

“Raimuna ini kan program yang sudah kita sepakati bersama pada saat Munas Gerakan Pramuka tahun 2008 dan Rapat Kerja Nasional Tahun 2011 yang lalu, pada saat penyusunan program Kwarnas itu kita juga hadir.  Jadi soal tempat maupun biaya  tidak menjadi masalah. Bahkan kalau adik-adik yang sudah biasa keluar masuk hutan, semakin jauh tempatnya semakin akan menambah pengalaman bagi mereka,” ungkap Kak Hajar yang sejak Siaga aktif berlatih pramuka.

Kak Hajar berharap sekembalinya dari kegiatan Rainas ke-X 2012, Pramuka di Kepri makin kreatif dan inovatif, apalagi yang ikut serta dalam kegiatan ini adalah Anggota Gerakan Pramuka yang sudah dikategorikan mampu menjadi teladan rekan-rekannya. “Jadi kami tinggal menyalurkan saja keinginan adik-adik. Apalagi kegiatan Raimuna ini kan untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang secara usia sudah dewasa. Jadi kami sangat mendukung,”

“Soal biaya, kami Kwarda Gerakan Pramuka Kepri sudah sepakat kalau ada kegiatan nasional, maka ada biaya yang ditanggung oleh Kwarda dan selebihnya ditanggung Kwarcab pengirim. Itu semua sudah kami masukkan dalam Program Kwarda Gerakan Pramuka tahun 2012 yang penyusunannya pun di hadiri pengurus Kwarcab se-Kepukauan Riau. Jadi bebannya tidak terlalu berat karena tersebar di seluruh Kwarcab, meski ada juga yang tetap menjadi tanggungjawab Kwarda,” ungkap Kak Hajar yang sedikit mengeluarkan “resep”-nya memimpin Kwarda Kepri.

Menanggapi masalah jaminan keamanan, Kak Hajar meyakini bahwa sepanjang pemerintah mengijinkan Kwarnas melakukan kegiatan kepramukaan termasuk Raimuna di Papua maka pemerintah akan menjamin keamanan di sana, “Kita tahu persis bahwa Pramuka tidak bergeming dengan persoalan-persoalan politik jadi Insya Allah aman. Kalaupun ada masalah kita yakin apabila pemerintah pusat sudah mengijinkan dan  pemerintah provinsi siap menjadi tuan rumah, kemanan akan diurus dengan sebaik-baiknya,” tandas beliau yang menemui Kak Azrul didampingi dengan Pengurus dan Ketua Dewan Kerja Daerah Kwarda Gerakan Pramuka Kepri, Tesa Hardianti.

Raimuna Nasional ke-X Tahun 2012 akan berlangsung di Bumi Perkemahan Cendrawasih, Jayapura, Papua pada tanggal 25 Juni – 1 Juli 2012.

[Humas Kwarnas / Foto: Ilham Ahmad Kwarnas]

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google