Responsive Ads Here

Monday, September 12, 2011

Indonesia Berkomitmen Penyelesaian Damai Konflik Thailand-Kamboja

Jakarta: Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mendukung penuh keutuhan teritorial Thailand, termasuk upaya negeri Gajah Putih tersebut untuk mengatasi masalah dengan Kamboja di wilayah selatan Thailand.

"Kami mendukung langkah-langkah politik damai untuk mengatasi masalah di Thailand selatan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di kawasan tersebut," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada bagian lain keterangan persnya bersama PM Thailand Yingluck Shinawatra, di Istana Merdeka, Senin (12/9) siang.

PM Shinawatra sendiri akan berkunjung ke Kamboja dalam tiga hari mendatang. Presiden SBY menyambut baik rencana tersebut, karena sesuai dengan harapan ASEAN bahwa sengketa perbatasan dapat diselesaikan dengan bijak dan damai. "Indonesia sebagai Ketua ASEAN terus menyampaikan kepada PBB, utamanya Dewan Keamanan, bahwa masalah itu bisa diselsaikan di tingkat ASEAN terutama oleh Thailand dan Kamboja. Indonesia sebagai Ketua ASEAN akan menjadi bagian dalam proses itu," Presiden SBY menjelaskan.

Presiden SBY juga menyampaikan keinginannya terhadap kontribusi dan partisipasi Thailand dalam menyukseskan KTT ASEAN dan KTT Asia Timur yang akan dilaksanakan di Bali, November menandatang.

Sementara itu PM Shinawatra dalam keterangan persnya menyambut baik kepemimpinan ASEAN tahun ini yang diketuai Indonesia. Thailand sendiri akan terus mengawal dan berpartisipasi hingga terwujudnya Komunitas ASEAN 2015 nanti. (dit)

Sumber: www.presidensby.info

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google