Responsive Ads Here

Thursday, July 7, 2011

Peserta Jamnas Menganyam Tikar

KETERAMPILAN MENGANYAM TIKAR. Peserta Jamnas 2011 sedang memperhatikan cara membuat anyaman tikar dari purun yang merupakan tumbuhan ilalang yang tumbuh di rawa-rawa yang banyak ditemui di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

“Saya tertarik ikut kegiatan ini karena penasaran. Di daerah kami ada juga kerajinan semacam ini, tetapi yang diberikan di sini ada bedanya, “ ujar Hendi Valefy, peserta Jambore Nasional 2011 di Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (5/7). Hendi, anggota regu Silver Panter dari Kwarcab Tanjung Jabung, Kwartir Daerah Bangka-Belitung baru saja mengikuti kegiatan menganyam.

Selasa (5/7) ini merupakan hari ketiga penyelenggaraan Jamnas 2011 yang berlangsung 2-9 Juli 2011. Peserta semakin diasah keterampilannya melalui kegiatan membuat anyaman tikar dari purun, atau sejenis tumbuhan ilalang yang tumbuh di rawa-rawa. Dari hasil anyaman tersebut, dapat dijadikan berbagai barang kerajinan, seperti kipas, tempat pinsil dan juga tas.

Remaja putra seperti Hendi mungkin tidak banyak, di tengah remaja putra lain yang senang mengikuti kegiatan yang sedang tren. Hendi malah dengan senang hati mengikuti kegiatan yang mengasah keterampilan ini dengan tak kalah bersemangat, karena berniat mengembangkan usaha ini kelak sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia.

Tujuan diadakan kegiatan Jamnas ini tidak sekadar menjadi pesta pertemuan Pramuka Penggalang saja, tapi lebih kepada pengenalan dan upaya mengajak remaja memiliki sebuah keterampilan yang mungkin tidak didapat dari pendidikan formal.

Sumber: Humas Kwarnas Gerakan Pramuka

Info Lebih lanjut tentang kegiatan Jamnas 2011

hubungi Kepala Biro Abdimas dan Humas Kak Septembriyanti 0812 9650 663

 

Sumber: http://www.pramuka.or.id

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google