Responsive Ads Here

Tuesday, July 5, 2011

Peserta Jamnas Belajar Berkendaraan yang Aman

KESELAMATAN PENGENDARA. Peserta Jamnas IX tahun 2011 di Teluk Gelam,Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan mendapat informasi bermanfaat tentang keselamatan pengendara dan perlengkapan yang mendukung keselamatan dalam berkendaraan.Tanggal (4/7) peserta Jambore Nasional (Jamnas) IX tahun 2011 mengikuti beragam kegiatan yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan. Diantaranya Kegiatan Teknologi Otomotif.

Pada kegiatan ini, peserta mendapat informasi seputar pendidikan keselamatan pengendara (safety riding) dan juga perlengkapan pengendara (safety gear), hingga Kegiatannya tidak hanya mengenalkan fisik sebuah kendaraan bermotor/otomotif tapi juga cara berkendaran dengan aman.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini juga tampak bersemangat, karena materi yang disampaikan tidak menjenuhkan. Peserta diajak mengenal marka jalan dan peraturan lalu lintas termasuk informasi umum seperti cara kerja rem dan mesin kendaraan bermotor, melalui alat peraga.

“Di Jamnas ini peserta diberikan informasi tentang safety riding dan safety gear. Pendidikan keselamatan berkendaraan itu mengacu pada Undang Undang Nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ,” Ketua Bidang Kegiatan Otomotif yang sehari-hari berdinas di Satlantas, Polresta Palembang, Bripka M Muhtasor menjelaskan.

Lebih lanjut Kak Muhtasor menerangkan, “Setelah pulang ke daerahnya, Pramuka Penggalang semakin faham cara berkendaraan dengan aman, dengan lebih dulu mengenal system kerja mesin kendaraan bermotor hingga memahami rambu-rambu lalu lintas danmarka jalan,” tanda Kakak yang sebelum bergabung dalam Polisi Republik Indonesia, sempat aktif Pramuka hingga tingkat  Penggalang.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00-15.00 WIB, dimeriahkan dengan acara bagi-bagi hadiah berupa helm dan perlengkapan kendaraan bermotor lain, membuat peserta Jamnas semakin betah berjam-jam berada di anjungan kegiatan ini, sambil sesekali menikmati selingan penampilan band dari panggung kecil di depan anjungan yang membawakan lagu-lagu hits remaja.

Kontan saja, anjungan kegiatan Teknologi Otomotif di area kegiatan Jamnas 2011 di Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Sumatera Selatan ini, memiliki kesan tersendiri bagi Pramuka Penggalang yang hadir dari seluruh Indonesia.

Sumber:  Humas Kwarnas & http://www.pramuka.or.id

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google