Responsive Ads Here

Saturday, November 20, 2010

Revitalisasi Pramuka Melalui Permainan Bahari

Belitung: Menyusul disahkannya Undang-undang Pramuka oleh DPR Oktober lalu, Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka melakukan berbagai cara untuk lebih meningkatkan minat pemuda terhadap organisasi kepanduan ini. Salah satu pola yang kini dikembangkan Kwarnas adalah mengembangkan kepramukaan berdasarkan kegemaran dan potensi alam yang ada.

Contohnya, Jumat (5/11) hingga Minggu (7/11)  Kwarnas menggelar Kemah Wartawan dan Pramuka di Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Kegiatan ini diisi dengan pengukuhan puluhan anggota Satuan Kerja (Saka) Bahari, Kwartir Cabang (Kwarcab) Belitung. Pengukuhan ini sendiri merupakan bagian dari strategi revitalsasi pramuka melalui kegemaran dan sumber daya yang ada. Belitung sejak dulu dikenal sebagai kawasan kepulauan dengan potensi perairan yang melimpah.

Selain itu budaya maritim merupakan keseharian yang menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat kepulauan kaya timah itu. Berangkat dari kegemaran dan potensi inilah Kwarnas merangkul para pemuda setempat menjadi anggota Saka Bahari. Melalui berbagai permainan dan kegemaran mengenai laut, nilai-nilai kepanduan ditanamkan dan kemudian melantik Kwarcab Negeri Laskar Pelangi ini. ‘’Ini adalah bagian dari upaya revitalisasi itu,’’ ujar Ketua Kwarnas Azrul Azwar dalam pelantikan itu.

Dengan model ini diharapkan pramuka akan semakin diminati dan mampu berperan lebih banyak dalam mendidik generasi muda. Pemberian materi melalui permainan diharap mampu mempermudah pemahaman dan lebih meningkatkan kecintaan terhadap pramuka. ‘’Biasanya kalau dimulai dengan kegemaran dan permainan akan lebih mudah,’’ tambahnya.

Sementara itu dilibatkannya sejumlah wartawan nasional dalam perkemahan pramuka ini juga dimaksudkan untuk revitalisasi itu. Kwarnas sengaja mengundang para jurnalis agar para kru media ini lebih mengenal tentang organisasi yang dirinitis Sir Baden Powell ini. Kwarnas mengharap dengan keterlibatan media akan ada pengenalan mengenai pramuka kepada masyarakat Indonesia. 

Selain perkemahan dan kegiatan kepanduan, para wartawan anggota pramuka dan warga setempat melakukan penanaman mangrove di beberapa titik di sekitar kawasan Tanjung Kelayang. Selain di lokasi ini, Kwarnas juga melakukan pengukuhan ribuan anggota Pramuka Garuda di Makassar Sulawesi Selatan, Minggu (7/11). Pramuka Garuda ini sendiri merupakan kumpulan para pandu terpilih yang dijadikan satu kesatuan. (sumber: JPNN.com)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, Tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini.
Pilih "Nama/Url" kalau tidak punya akun google